Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Lagu-Lagu Ini Bukan untuk Penyanyinya

Senin 06 Feb 2017 14:43 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani

Rihanna

Rihanna

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Beberapa penulis lagu terkadang bimbang untuk memberikan hasil karyanya pada orang lain atau menyanyikannya sendiri. Contoh paling dekat dengan lagu Ed Sheeran berjudul Shape Of You. Siapa sangka, Sheeran tadinya ingin memberikan lagu tersebut pada Rihanna tapi ia berubah pikiran dan akan menyanyikannya sendiri.

Kejadian tersebut tidak hanya terjadi pada lagu Shape Of You, ada beberapa hits yang tadinya ditujukan untuk orang lain tetapi batal seperti dikutip dari BBC, Senin (6/2).

All About That Bass – Meghan Trainor

Hits dari debut lagu Meghan Trainor ini awalnya dibuat dan akan diberikan untuk Adele atau Beyonce. Bahkan Trainor dan produser Kevin Kadish mengaku pada The Guardian telah menawarkan lagu tersebut pada kedua artis. Tapi, di detik terakhir, Trainor berubah pikiran dan memutuskan untuk menyanyikannya sendiri

"Beberapa seniman mendapatkan ribuan lagu lagu dan mereka tidak pernah tahu, jadi Beyonce sendiri mungkin pernah mendengar hal itu," kata Meghan.

Pretty Hurts – Beyoncé

Ketika Sia menulis Pretty Hurts, awalnya tidak ada nama Beyonce dalam pikirannya. Justru nama Katy Perry yang menjadi kandidat utama untuk membawakan lagu tersebut.

Namun, Perry tidak pernah melihat email penawaran Sia untuk lagu tersebut. Setelah Bey masuk dapur rekaman untuk lagu tersebut, Perry baru bereaksi, sehingga Sia dengan tegas menyatakan untuk Perry memeriksa emailnya.

We Can’t Stop – Miley Cyrus

Miley Cyrus dengan lagu We Can’t Stop menjadi suguhan yang begitu pas. tapi siapa sangka lagu ini awalnya tercipta untuk Rihanna.

"Ketika saya awalnya bekerja menggarap We Can’t Stop, kami telah melakukannya untuk Rihanna. Idenya adalah lebih ke arah Rihanna," kata penulis lagu dan produser Mike Will Made-It kepada MTV News pada 2013.

Telephone – Lady Gaga

Sebuah demo bocor sehingga beredar di ineternet pada 2010 yang memperdengarkan suara Britney Spears menyanyikan Telephone. Namun nyatanya lagu tersebut akhirnya diberikan untuk Lady Gaga yang memang tidak jadi dibawakan oleh diva pop itu.

 

Happy – Pharrell

Berbicara pada Howard Stern Show pada tahun 2014, Pharrell mengungkapkan jika penyanyi lain telah memperoleh lagu Happy, tapi perilisan lagu tersebut harus diundur.

"CeeLo [Green]. Dia melakukannya. Hanya saja pada saat itu terlihat kurang cocok untuknya, padahal dia menginginkannya," kata Pharrell.

Whataya Want From Me – Adam Lambert

Adam Lambert dinominasikan untuk Best Male Pop Vocal Performance di acara Grammy untuk lagu Whataya Want From Me. Namun, lagu tersebut justru awalnya dimaksudkan untuk Pink untuk muncul di album studio kelimanya, Funhouse.

We Found Love - Rihanna

Lagu We Found Love yang diproduseri Calvin Harris awalnya tidak dimaksudkan untuk duet bersama Rihanna. Lagu itu awalnya justru ditawarkan pertama kali untuk penyanyi keluaran X-Factor Nicole Scherzinger.

"Saya punya demo lagu itu dan saya sibuk pada saat itu. Mereka telah mengirim saya trek tari sedikit dan saya tidak bisa menuruti keinginan mereka dan saya seperti, 'Oh, ada begitu banyak tarian dan saya ingin mengambil istirahat dari itu.' Itu adalah kesalahan saya," kata  Scherzinger menyesali keputusannya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA