Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Jelang Konser, BCL Fokus Latihan Vokal dan Pernafasan

Rabu 08 Feb 2017 13:36 WIB

Red: Hazliansyah

Konser tunggal Bunga Citra Lestari

Konser tunggal Bunga Citra Lestari

Foto: IST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konser tunggal Bunga Citra Lestari (BCL) bertajuk "It's Me BCL" akan digelar pada 1 Maret 2017 mendatang. Persiapan yang dilakukan istri dari Ashraf Sinclair itu pun semakin ketat.

Mulai dari latihan vokal juga pernafasan. Untuk latihan vokal, BCL berlatih bersama Otti di Otti Jamalus House of Music.

Ditemui usai latihan vokal, Selasa (7/2) kemarin, pemilihan Otti sebagai guru vokal dikatakan Bunga bukan tanpa alasan. Dengan kekhasan suara miliknya, Otti dianggap sebagai guru vokal yang tepat.

“Yang milih mbak Otti itu adalah tim, terutama musik director Andi Rianto. Lalu saya diskusi dengan timnya BCL, manager sound enginer, dan juga direkomendasiin sama senior-senior aku dalam dunia musik. Kira-kira dengan suara dan kekhasan BCL yang cocok ya memang Otti," ujar BCL.

Setelah beberapa kali latihan, BCL merasakan kemajuan, terutama soal stamina saat membawakan lagu. Latihan yang ia jalani tidak akan berpengaruh pada perubahan suara.

“Karena kita tidak mau merubah suara. Yang berubah itu mungkin biasanya pada saat nyanyi lehernya sakit sekarang sudah tidak sakit. Biasanya setelah nyanyi lima lagu nafas sudah terengah-engah, sekarang bisa lebih panjang. Itu sih yang paling terasa perubahannya,” ungkap Bunga.

Dengan latihan yang ketat, Bunga berharap konser berdurasi dua jam nantinya dapat ia lewati dengan baik. "Semua tekhniknya nggak sulit, cuma memang membutuhkan fokus yang lebih,” kata Bunga.

Sebagai pelatih, Otti banyak memberikan masukan yang dinilainya penting untuk BCL. Secara teknis dikatakanya BCl masih melakukan kesalahan kecil saat bernyanyi.

Untuk itu, Otti dalam beberapa waktu hanya meminta BCL untuk menyanyikan semua lagu-lagu yang akan dibawakan saat konser nanti.

“Saat-saat ini sampai beberapa saat ke depan BCL masih saya suruh bernyanyi saja, dengan atau tanpa ekspresi, bernyanyi sambil berjalan di seluruh ruangan. Akan ada banyak hal manfaat yang didapat dengan cara seperti ini,” ungkap Otti.

Namun, Otti tidak memungkiri secara fisik BCL telah siap untuk tampil di konser tunggalnya tersebut.

"Untuk persiapan fisik BCL sudah cukup ideal, bahkan terkait performance-nya saat ini, sudah cukup langsing dan siap tampil. Namun, kenyamanan menjadi hal yang penting buat BCL saat tampil nanti. Karena itu akan berpengaruh pada suara yang keluar. Kenyamanan ini harus dijaga benar sama timnya BCL,” ujar Otti. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA