Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Studi: Tokoh Fiksi Berpengaruh dalam Kehidupan Nyata Pembaca

Kamis 16 Feb 2017 12:56 WIB

Rep: Gita Amanda/ Red: Esthi Maharani

Membaca

Membaca

Foto: photobucket

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah studi terbaru dari Universitas Durham menemukan karakter fiksi ternyata dapat mempengaruhi pembaca dalam kehidupan nyata. Mereka mengatakan 19 persen dari pembaca merasa masih merasakan suara karakter fisik ada dibenak mereka setelah membaca.

Dilansir The Independent, peneliti dari Universitas Durham melakukan survei pada lebih dari 1.500 pembaca. Mereka kemudian meminta 400 orang di antaranya memberikan deskripsi rinci mengenai pengalaman mereka dengan sebuah buku.

Hasilnya 19 persen dari mereka mengatakan suara-suara dari karakter fiksi melekat dipikiran mereka setelah membaca. Itu mempengaruhi nada pikiran mereka bahkan seakan mereka berbicara dengan karakter itu.

Menurut salah satu penulis, seorang penulis dan psikolog Charles Ferynhough penelitian ini menunjukkan bagaimana hubungan pembaca dan karakter fiksi. Menurutnya pembaca fiksi secara aktif menciptakan dunia dan karakter yang digambarkan penulis dalam imajinasi mereka.

"Bagi banyak dari kita, mereka melibatkan karakter dalam novel dan berinteraksi dengannya," kata Ferynhough.

Penelitian juga menemukan satu dari tujuh responden menunjukkan mereka mendengar suara-suara dari karakter fiksi sejelas mendengar seseorang berbicara di kamar dengan mereka. Penelitian ini dilakukan bekerja sama dengan Guardian pada 2014 di Edinburgh International Book Festival.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA