Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Studi: Kucing Hanya Pura-Pura Cuek kepada Pemiliknya

Rabu 29 Mar 2017 08:08 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani

Kucing

Kucing

Foto: Youtube

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian orang menganggap kucing sebagai makhluk egois yang kesetiaannya tidak sebesar anjing. Sementara anjing menyalak riang, berputar-putar menggoyangkan ekor saat pemiliknya pulang, kucing cenderung cuek dan tidak mau tahu.

Anggapan itu dimentahkan oleh studi terbaru yang dilakukan para peneliti dari Oregon State University. Karya ilmiah itu menyimpulkan, kucing yang merupakan hewan dengan kecerdasan tinggi hanya pura-pura cuek kepada pemiliknya.

Pemimpin studi Kristyn Vitale Shreve mengatakan, kucing bahkan lebih menyukai bau tubuh teman manusianya daripada makanan, tanaman catnip, bahkan sesama kucing. Ia juga tak sepakat jika kucing dianggap sulit dilatih, keras kepala, dan tidak peka.

Hasil tersebut didapatkan setelah menguji 55 kucing yang terdiri dari 23 hewan peliharaan dan 22 kucing dari penampungan. Para satwa itu diuji dalam eksperimen menggunakan metode free operant preference assessment yang belum pernah diberlakukan pada kucing.

Masing-masing kucing ditempatkan di sebuah ruangan selama 2,5 jam dan dianalisis minatnya terhadap beragam objek dalam empat kategori. Ada makanan kesukaan rasa ayam atau tuna, mainan berupa tikus-tikusan dan tongkat bulu, aroma tanaman catnip atau bau kucing lain, juga dipapar berbagai jenis interaksi manusia.

Tidak semua kucing menjalani eksperimen dengan baik, yakni hanya 38 dari total 55 kucing. Dari 38 kucing tersebut, 19 di antaranya menghabiskan hampir sepanjang waktu dengan paparan interaksi manusia dibandingkan makanan, mainan, dan bau-bauan menyenangkan.

"Meski kucing seringkali disebut lebih suka menyendiri daripada bersosialisasi dengan manusia, data studi ini mengindikasikan sebaliknya," ujar Shreve yang mengingatkan studi belum dicoba dalam skala besar, dilansir dari laman Independent.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA