Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

T.O.P Big Bang Terancam Lima Tahun Penjara

Jumat 02 Jun 2017 09:04 WIB

Red: Ratna Puspita

TOP BigBang di W Magazine

TOP BigBang di W Magazine

Foto: Kpopstarsz

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Personel Big Bang, T.O.P, terancam menghabiskan lima tahun dipenjara menyusul kasus dugaan penggunaan mariyuana. Rapper bernama asli Choi Seung Hyun ini diduga menggunakan mariyuana pada tiga kesempatan Oktober tahun lalu. 

Soompi melaporkan, T.O.P didakwa dengan penggunaan mariyuana pada Kamis (1/6). Kepolisian Metropolitan Seoul menyatakan kasus dugaan penggunaan narkotika yang melibatkan penyanyi berusia 29 tahun ini diserahkan ke jaksa pada April lalu dengan dakwaan penggunaan obat-obatan ilegal. 

Berdasarkan hukum di Korea Selatan, penggunaan mariyuana dapat dijerat hukuman maksimal lima tahun atau denda hingga 50 juta won (atau setara Rp 594 juta). 

Menurut kepolisian, T.O.P merokok mariyuana bersama teman perempuannya di rumahnya di Seoul pada 9-12 Oktober tahun lalu. Polisi menerima laporan pada Maret lalu, atau satu bulan setelah T.O.P masuk kamp wajib militer. 

Kepolisian pun menguji sampel rambut T.O.P ketika dia menjalani pelatihan. T.O.P melakoni wajib militer di Kepolisian Metropolitan Seoul. Hasilnya, dia positif menggunakan mariyuana. 

Berdasarkan laporan kepolisian, T.O.P membantah tuduhan tersebut. "Saya hanya menghisap rokok elektronik dan tidak mengetahui bahwa itu adalah mariyuana," kata dia. 

Namun, rekan perempuan T.O.P yang juga seorang trainee KPop mengakui pengunaan mariyuana tersebut. Perusahaan manajemen T.O.P pun mengatakan T.O.P juga sudah mengakui sebagian besar dakwaan yang dituduhkan kepadanya. “T.O.P mengungkapkan permohonan maafnya,” kata YG dalam pernyataan resminya. 

YG menjelaskan kepolisian menginvestigasi T.O.P ketika dia sedang melakukan wajib militer. Dugaan penggunaan mariyuana tersebut terjadi ketika T.O.P masuk kamp militer untuk mendapatkan pelatihan. Sekarang ini, semua proses investigasi telah rampung dan berproses ke tahap berikutnya. 

“Kami minta maaf atas kejadian ini. Kami juga minta maaf telah membuat banyak orang khawatir,” kata YG. 

T.O.P bukan artis pertama YG Entertainment yang terjerat kasus narkoba. Rekan T.O.P sekaligus pemimpin Big Bang, G-Dragon, pernah tertangkap menghisap mariyuana di sebuah klub di Jepang pada 2011. Park Bom dari 2NE1 juga pernah terjerat dugaan penyelundupan obat-obatan terlarang pada 2014. Namun, keduanya bebas dari hukuman. 

sumber : Soompi
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA