Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Album Baru Jay Z Kantongi Platinum

Senin 10 Jul 2017 12:56 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani

iklan yang diyakini tanda album baru Jay Z

iklan yang diyakini tanda album baru Jay Z

Foto: Independent

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Jay-Z telah merilis album studio ke 13 sejak dua pekan lalu. Tidak sampai sepekan perilisan album 4:44 telah mengantongi platinum.

Proyek terbaru rapper asal Broklyn ini menambah deretan platinum yang pernah didapatkannya. Jay-Z menjadi penyanyi hip hop yang memiliki album platinum terbanyak dari yang lainnya.

"Salut untuk Jay, dia melakukannya lagi! Album platinum lainnya menambah karir yang sudah ikonik," kata Ketua dan CEO RIAA Cary Sherman dikutip dari People, Senin (10/7).

Pada awal 2016, RIAA mengubah cara untuk penghargaan gold dan platina untuk mengakui penghitungan melalui layanan streaming. Di bawah sistem baru ini, RIAA menghitung 1.500 aliran lagu dari sebuah album sebagai satu penjualan album. Penghargaan tersebut kemudian dihitung berdasarkan kombinasi streaming dan penjualan album fisik.

Album 4:44 merupakan proyek layanan streaming ekslusif yang hanya bisa didengarkan melalui Tidal, tanpa penjualan album fisik. Melalui situs tersebut, album tersebut telah mencapai status platinum dengan waktu kurang dari sepekan.

Angka satu juta penjualan album, berarti pendengar telah menikmati lagu paling minimal 1,5 miliar kali. apalagi, album itu hanya dapat didengarkan melalui Tidal, hal tersebut menjadi pencapai yang begitu mengesankan bagi Jay-Z.



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA