Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Monyet Mirip Kucing Kembali Terlihat di Amazon

Ahad 27 Aug 2017 14:04 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani

Hutan Hujan Amazon Amerika

Hutan Hujan Amazon Amerika

Foto: Wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seekor monyet dengan wujud yang misterius terpantau keberadaannya di alam liar setelah selama 80 tahun terakhir tak nampak. Dikutip dari laman Independent Ahad (27/8), monyet yang disebut Vanzolini itu terlihat di hutan sekitar Amazon.

Vanzolini berbulu panjang dan hitam serta tungkai kaki berwarna emas pertama kali didokumentasikan pada 1936. Pada 1956 sebuah tim ekspedisi yang menjelajah hutan Brazil hanya menemukan mayat monyet-monyet tersebut.

Belum lama ini, orang yang pertama kali melihat monyet Vanzolini setelah delapan dekade menghilang adalah Laura Marsh. Marsh menjabat sebagai direktur di Global Conservative Institute.

"Aku gemetar dan sangat terkejut bisa memotret wujudnya dengan jelas," kata Marsh kepada National Geographic. Marsh mengorganisir tim Houseboat Amazon untuk mendokumentasikan keanekaragaman hayati di perbatasan Brazil dan Peru. Tim ini juga sebelumnya fokus pada penemuan sosok Vanzolini.

National Geographic melaporkan bahwa tim ekspedisi itu berhasil memenuhi misinya pada hari keempat. Makhluk berbulu itu terlihat bergelantungan di antara dahan pohon dengan sepasang kaki dan tangan.

Menurut Marsh, pergerakan Vanzolini tidak mirip dengan monyet pada umumnya. Gerak-geriknya justru lebih mirip pergerakan seekor kucing.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA