Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Pemeran Serial Benson Meninggal Dunia

Rabu 25 Oct 2017 10:02 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Robert Guillaume

Robert Guillaume

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Aktor Amerika Serikat Robert Guillaume tutup usia di kediamannya di Los Angeles, AS, Selasa (24/10) waktu setempat. Ia meninggal dunia pada usia 89 tahun setelah mengalami komplikasi karena kanker prostat.

Perwakilan manajemen Guillaume, Laura Ackermann, telah mengonfirmasi kabar duka tersebut. Mendiang meninggalkan sang istri, Donna Brown Guillaume, juga putri mereka dan seorang putra dari pernikahan sebelumnya dengan Marlene Williams.

Pria beretnis Afrika-Amerika itu sudah berkecimpung di dunia peran sejak 1959, baik di opera, televisi, maupun film layar lebar. Salah satu peran utamanya adalah ketika menjadi tokoh Benson dalam serial televisi Soap dan melanjutkannya di Benson.

Aktor kelahiran St Louis, 30 November 1927, itu juga mengisi suara sebagai baboon bijak Rafiki di film animasi The Lion King. Peran sebagai Benson membuatnya diganjar dua penghargaan Emmy, sementara vokal Rafiki membuahkan Grammy Award kategori album terbaik untuk anak.

Di balik kesuksesan, ia menceritakan masa mudanya yang bermasalah ke publik dalam autobiografi berjudul Guillaume: A Life. Bagaimanapun, ia tetap dikenang sebagai seniman yang gigih, rendah hati, dan tidak ragu berbagi ilmu.

Hal itu disampaikan sederet lawan main Guillaume yang turut berduka cita mendengar kepergian sang aktor. Sutradara Ava DuVernay lewat akun Twitter @ava juga menyampaikan belasungkawa, mengapresiasi kualitas mendiang di dunia peran dan kebaikan hatinya.

"Dia raksasa di panggung maupun di layar. Mari turut mengenang bahwa Robert Guillaume adalah salah satu selebritas pertama yang aktif dalam penggalangan dana untuk AIDS. Terima kasih, Pak," kata DuVernay, dikutip dari laman USA Today.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA