Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Euforia Superhero Kulit Hitam Setelah Black Panther

Kamis 01 Mar 2018 13:27 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri

Film Black Panther

Film Black Panther

Foto: Marvel-Disney via AP
Kebanyakan superhero Marvel saat ini diperankan oleh mereka yang bernama Chris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Black Panther menjadi film superhero Marvel pertama yang seluruh pemainnya adalah kulit hitam. Ini seperti menjadi babak baru dunia perfilman Hollywood.

Nyaris seluruh film superhero di Amerika mengangkat tokoh utama kulit putih. Aktor kulit hitam hanya dijadikan superhero kedua atau pemeran pendukung. Lucunya, kebanyakan superhero Marvel saat ini diperankan oleh mereka yang bernama Chris, apakah itu Chris Evans (Captai America), Chris Hemsworth (Thor), dan Chris Pratt (Star Lord, Guardian of The Galaxy).

Dilansir dari Mashable, keluarnya Black Panther telah menghancurkan paradigma konvensional dunia perbioskopan Amerika yang tak pernah dipegang oleh superhero kulit hitam. Mengingat berapa banya uang yang dikeluarkan untuk memproduksi Black Panther, dan melihat hampir setiap superhero solo Marvel Cinematic Universe difilmkan lebih dari satu kali, maka tak heran penonton menantikan munculnya pengumuman Black Panther 2, bahkan diikuti dengan Black Panther 3.

Sembari menunggu hal itu menjadi kenyataan, penonton tak lama lagi akan menyaksikan Avengers: Infinity War pada Mei 2018 yang pastinya kembali membawa karakter-karakter Black Panther dan teman-temannya. Masih dipertanyakan apakah Marvel berencana memproduksi superhero kulit hitam lainnya. Jika studio memutuskan melakukan itu, mereka tidak akan kebingungan, sebab ada karakter seperti Shuri dan The Falcon.

Di sisi lain, DC Extended Universe juga bersiap meluncurkan film superhero kulit putih lainnya, Aquaman dibintangi Jason Momoa. Dia adalah kameo di film Batman X Superman: Dawn of Justice dan juga salah satu pemeran utama di Justice League. James Wan akan duduk di kursi sutradara.

Di luar itu, Warner Bross masih dirundung kekecewaan setelah Justice League tak sekuat yang dibayangkan. Warner Bross juga mempunyai superhero kulit hitam yang potensial untuk difilmkan khusus, yaitu Cyborg, dibintangi Ray Fisher, atau Green Lantern Corps.

Waralaba X-Men yang dirilis 20th Century Fox sebagian besar masih menampilkan karakter pahlawan kulit putih, seperti Xavier, Magneto, Wolverine, dan Deadpool. Nah, Deadpool 2 yang akan dirilis musim panas ini akan menonjolkan beberapa karakter kulit hitam, seperti Zazie Beetz sebagai Domino.

Oke, perubahan superhero yang lebih beragam di Amerika mungkin membutuhkan waktu. Yang jelas, setelah Black Panther sukses, studio-studio di Amerika tidak bisa lagi mengabaikan mengistimewakan seluruh pahlawan dengan karakter kulit putih. Ada permintaan pasar untuk keragaman ras di layar lebar.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA