Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Aktor ini Tolak Film yang tak Berikan Gaji Sama ke Perempuan

Selasa 15 May 2018 08:29 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Benedict Cumberbatch

Benedict Cumberbatch

Foto: AP
Film-film yang tak memberikan gaji setara antara lain The Crown dan Jurassic World

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- BenedictCumberbatch membuat langkah nyata untuk mendukung sesama pelaku seni di industri Hollywood. Dia telah berkomitmen untuk hanya mengambil proyek di manarekan-rekan perempuannya menerima bayaran yang sama.

Dalam wawancara dengan Radio Times, aktor Avengers: Infinity War menyebut kesetaraan gaji sebagai prinsip utama feminisme. Dia pun bangga hanya menjadi satu dari dua orang laki-laki di perusahaan produksinya.

"Ini tentang implementasi. Gaji yang setara dan tempat di meja adalah prinsip utamafeminisme. Lihatlah kuota Anda. Tanyakan apa wanita dibayar, dan katakan 'Jikadia tidak dibayar sama dengan laki-laki, saya tidak melakukannya.' ujar pemeran serial "Sherlock", dikutip dari Indiewire, Selasa (15/5).

Dengan kondisi kerja begitu, dia berharap kalau hal yang sama direplikasi di tempat lain. Kesetaraan dengan perempuan mesti didorong, bukan hanya oleh perempuan, namun, laki-laki pula.

"Saya bangga [teman dan mitra bisnis] Adam dan saya adalah satu-satunya pria di perusahaan produksi kami, proyek kami berikutnya adalah kisah perempuan dengan lensa perempuan tentang keibuan, dalam masa bencana lingkungan," kata Cumberbatch.

Beberapa contoh ketidaksetaraan gaji antara pria dan wanita telah menjadi berita utamabaru-baru ini. Masalah tersebut terus terjadi berbulan-bulan dan bertahun-tahun, mulai dari proyek seperti The Crown dan Westworld hingga Everybody Knows dan Jurassic World: Fallen Kingdom.

"Jika itu berpusat disekitar nama saya, untuk mendapatkan investor, maka kita dapat menggunakan perhatian itu untuk proyek wanita. Setengah penonton adalah perempuan. Dan, dalam hal keragaman, 'Black Panther'sekarang menjadi film ketiga paling sukses sepanjang masa, " ujar pemeran Star Trek Into Darkness.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA