Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Prisia Nasution Ingin Tiap KBRI Gelar Pekan Film

Selasa 16 Oct 2018 00:30 WIB

Red: Indira Rezkisari

Prisia Nasution

Prisia Nasution

Foto: Republika/Prayogi
Banyak diaspora Indonesia yang sulit mengakses film Tanah Air.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Aktris Prisia Nasution mengusulkan agar setiap Kedutaan Besar Republik Indonesia di berbagai negara mengadakan pekan film Indonesia. Festival film bisa membuka akses tontonan para diaspora Indonesia.

Di New Delhi, Senin (15/10), Prisia bercerita tentang warga negara Indonesia yang bekerja di KBRI India. Mereka kesulitan untuk mendapatkan akses menonton film-film Indonesia.

"Kemarin tuh ada ibu yang tanya, mbak film yang ditayangin di sini apa sih. Soalnya yang tahun lalu saya nggak ngerti dan nggak jelas filmnya," kisah Prisia berbincang dengan diaspora pada saat malam pembukaan Delhi International Film Festival (DIFF) di KBRI New Delhi.

Aktris yang juga akrab disapa Pia itu berpendapat bahwa warga negara Indonesia yang berada di luar negeri patut diberi akses untuk menonton film-film Indonesia. "Supaya orang-orang KBRI yang sudah berpuluh-puluh tahun ada di sini ada hiburan dari Tanah Air," kata Prisia.

Pada acara DIFF yang diselenggarakan di New Delhi pada 14-18 Oktober 2018, Kedutaan Besar Republik Indonesia di India bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghadirkan empat film Indonesia. Keempat film tersebut ialah Negeri Dongeng, Ziarah, Pangreh, dan Susah Sinyal.

"Harus sering adakan Indonesia film festival untuk semua orang-orang Indonesia yang berada di negara-negara yang tidak ada akses film Indonesia," kata Prisia.



sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA