Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Disney Pecahkan Rekor Pendapatan Hingga 7 Miliar Dolar

Rabu 12 Dec 2018 19:08 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Film Avengers: Infinity War

Film Avengers: Infinity War

Foto: dok Marvel Studios via AP
Rekor pendapatan ini diraih bahkan sebelum rilis Mary Poppins Returns

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Walt Disney Studios membuat sejarah box office pada Senin (10/12). Rumah produksi itu berhasil mencapai tujuh miliar dolar AS untuk total penghasilan dari box office globalnya sepanjang 2018. 

Pencapain besar ini merupakan kali kedua dalam sejarah industri bahwa sebuah studio telah mencapai tandai tersebut. Rekor sebelumnya pun dipeganga Disney pada 2016.

Keberhasilan ini dapat dikantongi sepekan sebelum perilisan final Disney terakhir pada 2018, Mary Poppins Returns. Film garapan ulang itu kemungkinan akan menambah pundi-pundi yang ada.

Film yang baru tayang pada 19 Desember itu telah menunjukkan tanda-tanda keberhasilan. Belum tayang secara umum, film arahan Rob Marshall telah mendapatkan empat nominasi Golden Globe

Saat dirilis, kemungkinan film musikal itu akan mendorong Disney melewati rekor domestik tahunan sepanjang masa sebesar 3 miliar dolar AS yang ditetapkan pada 2016. Total domestik studio saat ini mencapai 2,94 miliar dolar AS.

Disney telah menetapkan beberapa catatan box office pada 2018, termasuk pembukaan akhir pekan terbesar dalam sejarah box office dengan Avengers: Infinity War sebesar 257,7 juta dolar AS. Kisah kumpulan superhero itu juga menjadi rilis musim panas pertama dengan pendapatan lebih dari 2 miliar dolar AS di seluruh dunia.

Marvel Studios juga memberi Disney catatan untuk rilis pramusim panas terbesar yang pernah ada dengan Black Panther. Film yang menjadi nominasi Best Picture Golden Globe pertama untuk Marvel setelah meraup 700 juta dolar untuk penghasilan domestik dan 1,34 miliar dolar AS di seluruh dunia.

Pixar juga berkontribusi besar-besaran untuk kesuksesan Disney. Melalui The Incredibles 2, Disney mendapatkan 608 juta dolar AS untuk penayangan di AS saja dan 1,24 miliar dolar AS di seluruh dunia. Pendapatan luar biasa itu pun mengukuhkan The Incredibles 2 yang menjadi film animasi terlaris sepanjang masa.

Dikombinasikan dengan Star Wars: The Last Jedi tahun 2017, Disney adalah studio pertama yang merilis empat film yang meraup 600 juta dolar AS dalam waktu kurang dari 12 bulan. Dengan mencapaian besar itu, pada 2019 diharapkan bisa melanjutkan keberhasilam Disney di tangga box office.

'Rumah si tikus' ini bersiap dengan Marvel Studios yang akan merilis Captain Marvel dan Avengers: Endgame. Sedangkan, melalui Pixar telah disiapkan Toy Story 4

Walt Disney Pictures juga akan merilis remake dari Dumbo, Aladdin, dan The Lion King pada 2019. Sementara, Lucasfilm akan merilis Star Wars: Episode IX pada Desember, dikutip dari Thewrap, Rabu (12/12).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA