Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Jimin BTS Ceritakan Kisah di Balik Penggarapan "Promise"

Ahad 20 Jan 2019 07:18 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah

Jimin BTS

Jimin BTS

Foto: Soompi
Lagu itu ia kerjakan selama dua bulan.

REPUBLIKA.CO.ID,  SINGAPURA -- Jimin menyanyikan lagu "Promise" saat siaran langsung Naver V Live setelah konser BTS di Singapura. Ia mengucapkan terima kasih pada semua orang yang sudah mendengarkan dan menyukai Promisa.

Pria kelahiran 1995 ini kemudian memberi tahu kisah di balik penggarapan lagu "Promise". “Saya mulai mengerjakan "Promise" sejak sekitar enam atau tujuh bulan lalu,” kata Jimin, seperti yang dilansir di Soompi, Ahad (20/1).

Saat pertama kali mengerjakan, "Promise" pada awalnya lagu ini bukanlah lagu yang menghibur seperti sekarang. Jimin bermaksud memberikan nuansa gelap pada lagu ini.

Meskipun ia memiliki banyak hal yang ingin dikatakan dalam lagu, tetapi Jimin tidak dapat memikirkan kata-kata konkret untuk liriknya. Jadi, proses tersebut memakan waktu tiga atau empat bulan.

“Saya akan mencoba menambahkan ini dan itu atau saya akan kembali dan memulai dari awal. Sekitar setengah dari Promise saat ini adalah melodi yang saya tulis persis seperti yang saya pikirkan pertama kali tentang mereka (ARMY)” ujar Jimin menjelaskan.

Jimin kemudian mengingat saat pertama kali memikirkan kata Promise saat tampil di konser bersejarah BTS di Citi Field New York. Pria bernama asli Park Jimin tersebut memberitahu leader BTS RM ia telah memikirkan judul lagu yang ingin dikerjakan setelah tur selesai.

RM memberitahu Jimin untuk mengerjakan lagu itu ketika ia masih memiliki pikiran-pikiran itu. “Saya mulai mengerjakan dan menyelesaikan lagu dalam waktu sekitar satu hingga dua bulan. Segalanya berjalan sangat cepat setelah memikirkan kata kunci "Promise",” katanya.

Selain itu, Jimin berbicara lebih spesifik tentang inspirasinya untuk menulis lagu, yakni kepribadiannya. Jimin mengakui memiliki kepribadian plin-plan dan kesulitan untuk jujur.

Akhirnya ia menulis lagu ini karena benci tidak bisa memaksakan diri mengatakan hal-hal yang ingin dikatakan. Jika sedang kesulitan, Jimin ingin dengan jujur mengatakan bahwa ia mengalami kesulitan.

Tetapi semuanya menjadi lebih baik bagi Jimin. “Aku bergaul dengan teman-temanku, menghabiskan banyak waktu berbicara dengan anggota BTS lainnya dan aku bisa melihat kalian semua selama konser. Ini membuat saya sadar, saya salah. Saya berpikir saya sendirian dan berjuang sendirian,” ujarnya.

Bulan lalu, Jimin secara tak terduga merilis sebuah lagu solo yang ia buat bersama dengan produser Slow Rabbit. Ia juga menulis lirik bersama dengan RM BTS. Lagu itu menghasilkan 8,5 juta streams hanya dalam waktu 24 jam.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA