Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Film Drama O.G. Libatkan Narapidana di Penjara Indiana

Selasa 12 Feb 2019 16:18 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Drama O.G.

Drama O.G.

Foto: dok HBO
Drama O.G. berkisah tentang ketua geng terkenal di penjara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film drama berjudul O.G. segera tayang di saluran HBO pada Ahad (24/2). Menariknya, sinema besutan sutradara Madeleine Sackler ini melibatkan banyak narapidana sungguhan dan melangsungkan proses syuting di penjara.

O.G. berkisah tentang ketua geng terkenal di penjara bernama Louis (Jeffrey Wright) pada pekan-pekan terakhirnya menghabiskan 24 tahun hukuman. Euforianya menyambut kebebasan berubah akibat kehadiran seorang penghuni penjara baru.

Film yang turut dibintangi Theothus Carter dan William Fichtner ini telah tayang perdana di Festival Film Tribeca 2018. Proses pengambilan gambar berlangsung selama lima pekan di penjara Pendleton Correctional Facility, Indiana, dengan pengamanan maksimal.

Sutradara Sackler mengatakan, proses syuting itu merupakan terobosan dalam produksi film. Apalagi, dengan kemunculan sejumlah narapidana dan staf penjara. O.G. mengeksplorasi perjalanan sesosok orang yang tengah menggapai kebebasannya.

"Tujuan saya mengawalinya dengan satu karakter, sosok pria yang tengah bersiap untuk pergi setelah bertahun-tahun berada di balik jeruji. Berusaha seautentik mungkin untuk benar-benar menggambarkan pengalaman tersebut," kata Sackler lewat pernyataan resminya.

Dia mencari-cari berbagai lembaga pemasyarakatan di banyak kota di AS dan mengapresiasi pemerintah Indiana yang memberikan respons positif. Sackler mengatakan, film tidak akan berhasil tanpa kolaborasi dengan pihak penjara dan ratusan narapidana yang menghuninya.

Bagi aktor Jeffrey Wright, pengambilan gambar di dalam penjara sungguhan merupakan pengalaman unik dan membantunya menghayati karakter. Menurut dia, penjara adalah tempat dengan energi berbeda dan menyentuh dengan caranya sendiri.

"Terasa berat, sarat dengan trauma. Secara molekul berat di dalamnya, dan benar-benar menambah pemahaman kami pada cerita dan permasalahan film. Dalam kasus saya, pada karakter yang saya perankan," ungkap Wright.

O.G. merupakan produksi HBO Films dengan Maven Pictures Presentation dan Brookstreet Pictures. Sutradara Sackler juga menjadi produser bersama Boyd Holbrook, Celine Rattray, Trudie Styler, Nick Gordon, Trevor Matthews, Stephen Belber, dan Ged Dickersin.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA