Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Alasan Alicia Keys Berhenti Memakai Riasan Wajah

Rabu 13 Feb 2019 05:46 WIB

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah

Penyanyi Alicia Keys saat menjadi pembawa acara Grammy Awards ke-61 di Los Angeles, Ahad (10/2).

Penyanyi Alicia Keys saat menjadi pembawa acara Grammy Awards ke-61 di Los Angeles, Ahad (10/2).

Foto: Matt Sayles/Invision/AP
Alicia mulai berhenti merias wajah sejak pemotretan pada 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Banyak wanita yang tidak percaya diri jika berpergian tanpa polesan riasan di wajah. Berbeda dengan penyanyi Alicia Keys.

Baca Juga

Ia sudah beberapa tahun berhenti merias wajahnya. Namun, kecantikan alaminya justru semakin nampak.

Tidak salah jiika Anda mulai malas untuk merias wajah setiap hari dan ingin membuat kulit beristirahat serta bisa percaya diri berfoto tanpa riasan di wajah, seperti Kylie Jenner, Gwen Stefani, dan Bella Hadid. Dilansir di Beauty Crew, Alicia mulai berhenti merias wajah sejak pemotretan pada 2016.

Biasanya, ketika hendak dipotret dirinya suka meminta riasan lengkap, tetapi ketika Alicia sedang memotret untuk album barunya, dia memilih tampilan yang bebas riasan. Bukannya menyesali keputusannya untuk memamerkan diri sejatinya, 'kekurangan' wajah dan yang lainnya, yang terjadi malah sebaliknya. Dia terinspirasi untuk bebas riasan wajah tanpa batas waktu.

Dalam sebuah surat Lenny Letter yang terbuka dan jujur (sebuah forum feminis yang dibuat oleh Lena Dunham dan Jennifer Konner), ia mengungkapkan dalam pemotretan, itu adalah hal terkuat, paling berdaya, paling bebas, paling indah, dan jujur yang pernah ia rasakan. Meskipun itu adalah saat pertama baginya mulai berhenti mengenakan riasan wajah, bagi Alicia sebenarnya keinginan berhenti memakai riasan sudah muncul sebelumnya, ketika dia menulis lirik untuk album.

Dalam satu lagu yang ia tulis, 'When a Girl Can't Be Herself', Alicia bercerita ketika pagi hari sejak dirinya bangun tidur, ia berpikir bagaimana jika dirinya tidak ingin memakai semua riasan wajah itu. "Siapa bilang aku harus menyembunyikan apa yang aku buat, Tetapi kenyataannya adalah sebagaimana saya, saya tidak cukup baik untuk dilihat oleh dunia," ujar Keys.

Namun, ia sempat merasa khawatir setiap kali ia berpergian, "Bagaimana jika seseorang menginginkan foto?" katanya. Berbekal rasa pemberdayaan, dia bahkan berani tampil di karpet merah seperti BET Awards 2016 dan MTV Video Music Awards dan 2018 Grammy Awards tanpa riasan wajah.

Apakah dia merasa tidak percaya diri dikelilingi oleh teman-teman selebritianya yang memakai riasan wajah sempurna? Tidak sedikit pun.

"Aku tidak ingin menutupi lagi. Bukan wajahku, bukan pikiranku, bukan jiwaku, bukan pikiranku, bukan impianku, bukan perjuanganku, bukan pertumbuhan emosiku. Tidak ada," ucapnya.

Apakah Alicia Keys pernah memakai riasan? Ia mengaku terkadang memakai riasan wajah, tetapi penyanyi ini setia pada perjuangannya. Tapi dia bukan antiriasan wajah. Sebenarnya, dia benar-benar menyukainya. Dia hanya memilih tidak dipaksa mengenakannya.

"Itu tidak ada hubungannya dengan make-up atau tanpa make-up. Ini ada hubungannya dengan siapa Anda, apa yang membuat Anda merasa baik, bagaimana Anda ingin mengungkapkannya dan Apa yang saya rasakan? Bagaimana saya merasa baik?," kata Alicia saat konferensi pers Grammy 2016.

Salah satu hal yang paling menyegarkan tentang semua riasan wajah Alicia Keys adalah betapa nyata wajahnya. Dia tidak selalu memiliki kulit sempurna. Kulitnya tersumbat, mengalami pigmentasi, dan berjerawat. Tapi itu tidak menghentikannya dari membiarkan kulit alami bersinar.

Mungkin butuh sedikit keberanian untuk tidak merias wajah, terutama ketika hendak ke kantor atau berkencan. Jika pikiran itu membuat Anda takut, tetapi membuat Anda penasaran, ikuti tips teratas yang diberikan oleh penata rias wajah Alicia Keys, Dotti, untuk kulit luar biasa Alicia.

Mungkin Anda akan berpikir, apa yang dibutuhkan Alicia Keys dengan seorang penata rias lagi? Dia masih sangat diandalkan di balik Alicia Keys dengan dan tanpa make-up.

"Saya sangat berperan di belakang wanita yang tanpa riasan dan merangkul kecantikan mereka serta mengenakan kulit depan dan tengah mereka," kata Dotti berbagi dengan People.

Simak beberapa kiat berikut untuk bisa tampil percaya diri tanpa riasan wajah.

Kuasai rutinitas perawatan kulit

Kulit yang baik tidak perlu ditutup dengan riasan, semakin rajin Anda dengan rutinitas perawatan kulit, semakin percaya diri Anda untuk tampil alami tanpa polesan riasan. Dalam sebuah wawancara dengan Elle Brazil, Alicia mengungkapkan dia fokus pada memiliki kulit yang baik, daripada membeli kosmetik yang bagus.

“Butuh waktu lama untuk mendapatkan kulit ini. Maksudku, aku tahu bagaimana rasanya memiliki wajah yang penuh benjolan dan jerawat. Saya hidup melalui itu di mata publik," ucapnya ke Elle UK.

Makan sehat

"Satu hal yang perlu diperhatikan tentang Alicia adalah dia sangat menyukai akupuntur, olahraga, dan makan sehat," kata Dotti dalam sebuah wawancara dengan Into The Gloss. Dia menambahkan, itu adalah bagian besar dari kondisi kulitnya ketika Anda merawat diri sendiri di bagian dalam, itu secara otomatis akan bersinar di bagian luar.  Alicia tidak memakan makanan mentah atau vegan atau apa pun, tetapi dia merawat kulitnya dengan diet dan makan dengan cara yang sangat seimbang di tengah kesibukannya.

Gunakan roller giok

“Saya menempelkan roller batu giok di es, alat itu dalam kondisi beku ketika saya menggulungnya di atas kulit Alicia. Saya benar-benar bekerja di semua area di mana saya ingin darah, air, dan energi dibawa ke permukaan. Ini menghidupkan kulitnya," kata Dotti.

Segarkan kulit dengan face mist

Terkadang Alicia memakai face mist sebagai pengobatan. Itu bisa membuatnya terlihat sangat bersinar dan cantik. "Karena ketika Anda meninggalkan semua riasan, Anda mulai menyadari betapa muda Anda sebenarnya,” kata Dotti.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA