Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Ramengvrl Kemas Mixtape “No Bethany” dalam Kaset

Jumat 26 Apr 2019 18:22 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari

Ramengvrl saat merilis mixtape 'No Bethany' di Thamrin, Jakarta Pusat.

Ramengvrl saat merilis mixtape 'No Bethany' di Thamrin, Jakarta Pusat.

Foto: Republika/Farah Nabila Noersativa
Kaset bisa jadi kenang-kenangan untuk dikoleksi penggemar Ramengvrl.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring berkembangnya zaman digital, penggunaan kaset sebagai media untuk merekam dan mendengarkan musik mulai ditinggalkan. Masyarakat lalu beralih ke media digital seperti platform-platform media sosial untuk mendengarkan lagu secara streaming.

Namun, penyanyi rapper perempuan Indonesia, Ramengvrl tak mengkhawatirkan proses digitalisasi karya musik ini. Penyanyi bernama asli Putri Soeharto ini malah justru akan menyediakan kaset sebagai media untuk mendengarkan karyanya yang berjumlah enam lagu dalam mixtape yang baru diluncurkannya.

Putri mengatakan, kaset mixtape bisa dipesan sebelum produksi atau pre-order sejak hari ini, Jumat (26/4). Dia menginginkan, kaset bisa menjadi sebuah kenang-kenangan untuk dikoleksi penggemarnya.

“Teman-teman kan suka ngirimin bentuk CD ya. Kalau musisi rilis biasanya juga nggak cuma rilis saja. Tapi mereka ada sesuatu fisik yang mereka bundle dengan sesuatu, misalnya merchandise jadi terasa mereka bagi-bagin ke fan mereka,” kata Putri saat peluncuran mixtape.

Putri sendiri memilih media kaset sebagai media untuk dijadikan sebuah kenang-kenangan bagi para penggemarnya. Sebab, kaset menjadi media yang mewakili konsep mixtape.

“Untuk orang Indonesia yang masih awam dengan mixtape itu sendiri, gue cara ngenalinnya itu dengan cara yang paling mudah, yaitu kaset. Dan lebih sebagai cinderamata saja, mungkin penggemar nggak punya merchandise tapi mereka bangga punya kaset,” jelas Putri.

Dia tetap optimistis mixtape dalam bentuk kaset juga diminati oleh para penggemarnya, meskipun banyak orang yang saat ini juga tak lagi memiliki pemutar kaset. Sebab, dia menjual kaset mixtape tersebut sebagai bentuk barang khas yang memberikan kesan tersendiri bagi para penggemarnya.

Rapper yang baru saja merilis satu single berjudul “What's ur Problem” itu juga mengakui, kualitas suara yang dihasilkan secara digital maupun kaset berbeda. Namun, dia menyebut hal itu tak bisa dibandingkan lantaran keduanya memiliki ciri khas suara yang dihasilkan oleh masing-masing media.

“Kalau di kaset itu punya sensasi sendiri. Sama seperti orang beli vynl, tapi memang ada rasa yang berbeda. Setidaknya itu sesuatu yang orang bisa miliki dari Ramengvrl," katanya.





BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA