Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Avengers: Endgame Raup 1 Miliar Dolar di Pekan Pertama

Senin 29 Apr 2019 10:00 WIB

Red: Christiyaningsih

Avengers: Endgame

Avengers: Endgame

Foto: Disney/Marvel Studios via AP
Avengers: Endgame mencetak sejarah baru di pekan pertama penayangan

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Untuk pertama kalinya dalam sejarah, sebuah film telah menghasilkan lebih dari satu miliar dolar di box office global setelah akhir pekan pertamanya di bioskop. Prestasi itu diraih Marvel Studios dengan film teranyarnya Avengers: Endgame.

Dengan kombinasi mematikan dari pujian kritis dan minat penonton yang luar biasa, Marvel Cinematic Universe ke-22 telah meraup 1,2 miliar dolar di seluruh dunia. Pencapaian ini membuat Endgame menjadi film tercepat yang menghasilkan satu miliar dolar di seluruh dunia. Endgame telah melampaui total tayangan teater dari 17 film pendahulunya di MCU hanya dalam lima hari.

Sepanjang jalan, Endgame telah menyabet ratusan catatan box office termasuk catatan hari pembukaan dan akhir pekan di hampir setiap pasar di dunia. Mulai dari penjualan format premium dan penjualan tiket di situs web tiket internasional berhasil menjadi catatan baru.

IMAX melaporkan pembukaan global mencapai 91,5 juta dolar. Total global itu termasuk membuka catatan akhir pekan untuk format di 50 pasar, termasuk 26,5 juta dolar di pasar domestik.

Film ini juga juga merupakan anugerah bagi 3D, sebuah format yang telah membuat pangsa pasarnya menurun dalam beberapa tahun terakhir. RealD melaporkan 540 juta dolar atau 45 persen dari semua pendapatan global berasal dari pemutaran 3D. Harga tiket yang lebih tinggi untuk format premium tidak mengurangi minat penggemar sedikitpun dan hanya semakin mendorong total akhir film.

Tetapi mungkin yang paling menonjol adalah pembukaan akhir pekan domestik yang saat ini diperkirakan mencapai 350 juta dolar. Angka itu membersihkan rekor sebelumnya yang dicapai oleh Infinity War sebesar 93 juta dolar. Endgame pun telah menetapkan rekor untuk hari pembukaan domestik terbesar yang pernah dicatat pada hari Kamis, Jumat, dan Sabtu yakni sebesar 108 juta dolar.

Menurut situs analitik box office Webedia Movies Pro, diperkirakan 77 persen pemutaran di semua bioskop di seluruh negeri adalah dari Endgame. Film ini menyumbang 90 persen dari box office akhir pekan.

Kegembiraan dari para penggemar Marvel ini semakin dipicu oleh pujian berlebihan dari gelombang pertama para penonton bioskop. Film ini memiliki skor 96 persen pada Rotten Tomatoes, dibarengi dengan A+ di CinemaScore. Film superhero ini juga merekam 9,3/10 di situs tiket Cina Maoyan.

Dikutip dari The Wrap, film arahan Russo Bersaudara ini pasti akan melewati 2,06 miliar dolar yang dikumpulkan oleh Star Wars: The Force Awakens. Kemungkinan besar Endgame hanya akan berada di belakang Avatar (2,78 miliar dolar) dan Titanic (2,18 miliar dolar) pada daftar box office global sepanjang masa.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA