Kamis, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 Januari 2020

Kamis, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 Januari 2020

Putra Harry Meghan Diberi Nama Archie

Kamis 09 Mei 2019 00:08 WIB

Red: Indira Rezkisari

Pangerran Harry dan Meghan Markle menunjukkan bayinya ke publik untuk pertama kalinya, Rabu (8/5).

Pangerran Harry dan Meghan Markle menunjukkan bayinya ke publik untuk pertama kalinya, Rabu (8/5).

Foto: AP
Archie Harrison Mountbatten-Windsor menjadi nama lengkap putra Harry Meghan.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Lelah tapi bahagia. Kira-kira itulah tampilan Pangeran Harry dan Meghan Markle saat pertama kali memperlihatkan putranya ke publik, Rabu (8/5). Keduanya juga mengungkap pilihan nama bagi putranya, yaitu Archie.

Archie Harrison Mountbatten-Windsor menjadi nama lengkap putra Harry Meghan. Ia menjadi calon pewaris kerajaan Inggris di urutan ketujuh.

Mountbatten-Windsor merupakan nama yang banyak digunakan anggota kerajaan Inggris. Pasangan tidak memilih menempelkan gelar aristokrat ke bayu yang bukan seorang pangeran, namun bisa disaja ditempelkan gelar Lord sebelum nama pertamanya.

Tidak dijelaskan mengapa mereka memilih nama Archie. Namun Harrison bisa dikira berarti putra dari Harry.

Pengumuman nama bayi kerajaan itu muncul beberapa jam setelah Harry dan Meghan berpose di hadapan kamera media. Di atas karpet merah St George di Istana Windsor, Meghan mengatakan bayinya seperti mimpi dan ia menyebut menjadi ibu sebagai keajaiban.

photo
Pangeran Harry dan Meghan Markle memperlihatkan bayinya ke Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Rabu (8/5). Ibu Meghan, Doria Ragland, juga ikut dalam kesempatan tersebut.


Sang bayi tampak tenang dalam dekapan ayahnya. Archie dibungkus selimut dari wol merino putih dan mengenakan topi putih juga. Tampilannya itu merupakan produksi G.H. Hurt & Son, yang sudah menyediakan produk bayi bagi kerajaan selama tiga generasi.

"Luar biasa," komentar Meghan (37). "Saya memiliki dua pria terbaik di dunia. Saya sangat bahagia."

Archie lahir pukul 05.26 pagi hari dengan berat 3,26 kg. Harry mengatakan anaknya belum diketahui mirip dengan siapa. Katanya, masih terlalu dini.

"Semua bilang bayi akan berubah dalam dua minggu," kata Harry (34). "Kami sangat bahagia memiliki kebahagiaan ini."

Archie sudah dikenalkan ke buyutnya, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip. Ia adalah cucu kedelapan Ratu yang sudah berusia 93 tahun.

Ibu Meghan, Doria Ragland, tinggal bersama pasangan ini di Fogmore Cottage. Bayi ini merupakan keturunan pertama Anglo Amerika di kerajaaan Inggris. Ia berhak memiliki kewarganegaraan Amerika jika orang tuanya menginginkan. Ia memiliki keturunan Afrika Amerika dari sisi Meghan, dilansir dari AP.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA