Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Adaptasi Film Sunny Tayang Oktober 2019

Senin 27 May 2019 19:53 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Para pemeran dan tim produksi film Bebas pada konferensi pers di Jakarta Selatan. Bebas merupakan karya adaptasi Miles Films dari sinema drama populer Korea Selatan berjudul Sunny.

Para pemeran dan tim produksi film Bebas pada konferensi pers di Jakarta Selatan. Bebas merupakan karya adaptasi Miles Films dari sinema drama populer Korea Selatan berjudul Sunny.

Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Miles Films mengadaptasi film box office Korea, Sunny, ke versi Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah produksi Miles Films mengadaptasi sinema box office Korea Selatan rilisan 2011, Sunny. Versi Indonesia yang berjudul Bebas itu dipastikan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Oktober 2019.

"Proses adaptasi dan transformasi karakter khas Korea menjadi karakter khas Kota Jakarta sungguh mengasyikkan," kata produser film, Mira Lesmana yang menulis skenario film bersama Gina S Noer.

Film Bebas menghadirkan para tokoh utama pada masa remaja dan saat sudah beranjak dewasa. Hal itu membuat para sineas harus memastikan aktor dan aktris remaja maupun dewasa yang terlibat memiliki kemiripan dalam berbagai aspek.

Para tokoh remaja antara lain Vina (Maizura), Kris (Sheryl Sheinafia), Jessica (Agatha Pricilla), Suci (Lutesha), Gina (Zulfa Maharani), dan Jojo (Baskara Mahendra). Beberapa pemeran dewasa adalah Marsha Timothy, Susan Bachtiar, Indy Barends, Widi Mulia, dan Baim Wong.

Mira mengatakan, film Bebas memiliki kesamaan struktur cerita dengan Sunny. Akan tetapi, terdapat cukup banyak aspek yang diubah supaya cocok dengan audiens Indonesia, termasuk jumlah pemeran utama.

Dalam film Sunny, tujuh karakter utama dalam geng merupakan siswi di sekolah khusus perempuan. Pada versi Indonesia, Mira dan tim menetapkan lima perempuan dan satu laki-laki dalam geng "Bebas" adalah siswa di sekolah umum.

Sutradara Riri Riza berkomentar, penyesuaian demikian merupakan hal lumrah dalam sebuah sinema adaptasi. Menurut dia, penggarapan ulang dari film yang sudah dikenal menuntut sineas menghadirkan pengalaman menonton yang baru dan segar.

Film Bebas telah merampungkan syuting dengan 11 tokoh utama dan 24 tokoh pendukung yang berproses bersama. Mereka diseleksi dari total 400 orang. Riri mengatakan, prosesnya seru dan heboh karena ini adalah film produksi Miles dengan jumlah pemain terbanyak.

"Semua pemain punya pengalaman dan kepekaan yang baik. Pengalaman dan bakat itu satu hal, tapi kepekaan menangkap dan merasakan momen, memberikan diri kepada momen, menggali pengalaman pribadi untuk memainkan tokoh merupakan komitmen," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA