Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Shakira Hadiri Sidang Kasus Pajak di Spanyol

Jumat 07 Jun 2019 07:50 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Shakira

Shakira

Foto: EPA
Shakira disebut telah menghindari pajak sebesar 14,5 juta euro di Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID,  BARCELONA -- Bintang musik pop Shakira tengah terbelit kasus dugaan menghindari membayar pajak. Penyanyi asal Kolombia itu pun hadir di persidangan di Pengadilan Spanyol, Kamis (6/6).

Perempuan berusia 42 tahun itu tiba di pengadilan Esplugues de Llobregat dekat Barcelona sekitar pukul 10.00 pagi waktu setempat. Dia masuk melalui pintu lapangan parkir pengadilan untuk menghindari media.

Perwakilan Firma Hukum yang menangani kasus hukum Shakira membantah tuduhan dugaan penggelapan pajak antara 2012 hingga 2014 itu. Shakira juga mengaku tidak melakukan kesalahan ketika bersaksi di hadapan hakim, dilansir laman AP.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Kamis, Shakira juga disebut selalu memenuhi kewajiban, termasuk membayar pajak. Di setiap negara yang ditinggalinya karena pekerjaan, Shakira tidak luput membayar pajak.

Firma hukum juga mengatakan bahwa saat Shakira mendapat tagihan dari kantor pajak, pelantun lagu "Waka-Waka" itu pun langsung membayar penuh. Shakira dilaporkan membayar 13 juta poundsterling untuk melunasi hutangnya pada Februari.

Sebelumnya Jaksa mendakwa Shakira pada Desember 2018 karena tidak membayar pajak 14,5 juta euro atau 16,4 juta dolar AS di Spanyol antara 2012 hingga 2014. Pada periode itu, Shakira disebut lebih banyak tinggal di Spanyol meskipun memiliki tempat tinggal resmi di Panama.

Jaksa penuntut menuduh Shakira melakukan penggelapan pajak pada Desember tahun lalu dan berpendapat bahwa sang penyanyi menghindari pajak dengan mengaku tinggal di Bahama ketika dia tinggal di Catalonia. Shakira pindah tempat tinggal pada 2015 dari Bahama ke Spanyol bersama pemain sepak bola Barcelona Gerard Piqué dan dua putra mereka.

Tetapi jaksa menuduh dia sudah tinggal di Ibu Kota Catalan pada 2012 hingga 2014 dan seharusnya membayar pajak di Spanyol atas pendapatannya di seluruh dunia sepanjang tahun-tahun tersebut. Jaksa berpendapat bahwa Shakira adalah penduduk di Spanyol hampir sepanjang tahun dan hanya bepergian ke luar negeri untuk waktu yang singkat.

Pada Februari, surat kabar Catalan El Periódico melaporkan bahwa Shakira telah membayar ke otoritas pajak Spanyol sebesar 14,5 juta pounds untuk melunasi hutangnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA