Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Ellen DeGeneres Dorong Perempuan Ungkap Pelecehan Seksual

Rabu 29 Mei 2019 18:35 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda

Ellen DeGeneres

Ellen DeGeneres

Foto: EPA
Ellen DeGeneres mengaku pernah mengalami pelecehan seksual saat remaja.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Ellen DeGeneres telah mengalami pelecehan seksual oleh ayah tirinya. Kisah itu dia bagikan ketika hadir di acara Netflix yang dipandu David Letterman, "My Next Guest Needs No Introduction".

Pembawa acara Ellen DeGeneres Show ini mengatakan, dia diserang oleh ayah tirinya ketika berusia sekitar 15 atau 16 tahun. Dia menceritakan, ibunya, Betty DeGeneres, menikah lagi dengan pria yang sangat jahat dan menyakitinya.

"Itu hal lain yang, kamu tahu, aku marah pada diriku sendiri karena aku terlalu lemah untuk berdiri, aku berumur 15 atau 16. Itu adalah kisah yang sangat mengerikan, mengerikan dan satu-satunya alasan saya sebenarnya akan menjelaskan secara terperinci adalah karena saya ingin gadis lain tidak, pernah membiarkan seseorang melakukan itu," kata DeGeneres, dikutip dari E!News, Rabu (29/5).

DeGeneres mengatakan, ibunya terkena kanker payudara setelah menikah lagi, Sang ibu harus menjalani masektomi, sementara hubungan dengan suami barunya begitu intim.

"Ketika ibu berada di luar kota, ayah tiriku mengatakan kalau dia merasakan benjolan di payudara ibu dan perlu merasa payudaraku karena dia tidak ingin membuat ibunya sedih sehingga dia perlu merasakan milikku," kata sosok yang suka melakukan lawak tunggal ini.

Setelah peristiwa itu, menurut Ellen, kejadian sama pun terus berulang beberapa kali. Bahkan, di waktu lain, ayah tirinya memaksa dengan mencoba mendobrak pintu, sehingga, membuat DeGeneres  kabur melalui jendela.

"Dan aku tidak ingin memberi tahu ibuku, karena aku melindunginya dan aku tahu itu akan merusak kebahagiaannya," ujar DeGeneres.

Alasan DeGeneres memilih bungkam karena dia mempertimbangkan perasaan ibunya, meski pun telah mendapatkan perlakukan buruk dari ayah tirinya. Dia merasa, ketika itu tidak seharusnya melindungi perbuatan pelecehan yang dialaminya.

"Aku seharusnya melindungi diriku sendiri. Dan aku tidak memberitahunya selama beberapa tahun. Ketika aku memberitahunya, ibu tidak percaya padaku. Dia tinggal bersamanya selama 18 tahun lagi hingga akhirnya meninggalkannya karena dia telah mengubah cerita. Berkali-kali," ujar perempuan berusia 61 tahun ini.

Pemenang Emmy itu sempat marah kepadanya ibunya karena tidak mempercayai cerita yang disampaikannya seputar perlakukan bejat ayah tirinya itu. Berangkat dari pengalaman itu, DeGeneres membagi kisah di masa remajanya itu untuk mendorong banyak perempuan bersuara atas pelecehan seksual yang pernah dialami.

"Sudah saatnya kita memiliki suara. Sudah waktunya bagi kita untuk memiliki kekuatan," kata DeGeneres.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA