Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

R Kelly Kembali Tersangkut Tuduhan Pelecehan Seksual

Jumat 31 May 2019 13:09 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Penyanyi R Kelly

Penyanyi R Kelly

Foto: EPA
R Kelly didakwa atas 11 tuduhan pelecehan seksual di Negara Bagian Cook.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Penyanyi R&B R Kelly pada Kamis (30/5) didakwa dengan 11 tuduhan pelecehan seksual yang melibatkan beberapa korban. Tiga dakwaan di Negara Bagian Cook yang melibatkan korban yang setidaknya berusia 13 dan di bawah 17 tahun.

Dilansir AP, Jumat (31/5), dakwaan kejahatan seksual itu bisa menyeret Kelly pada hukuman maksimal 30 tahun penjara. Penyanyi "I Believe I Can Fly "itu dijadwalkan kembali ke pengadilan untuk mendengarkan dakwaan baru pada Kamis depan.

Sebelumnya, Kelly sudah menghadapi 10 dakwaan pelecehan seksual melibatkan empat perempuan selama kurang lebih 10 tahun yang dimulai pada akhir 1990-an. Tiga dari perempuan itu di bawah umur ketika dugaan pelecehan itu terjadi.

Tuduhan baru berkaitan dengan satu korban, diidentifikasi dalam pengajuan pengadilan dengan inisial "J". Dalam dakwaan, jaksa tidak menyebutkan apakah J orang yang sama dengan salah satu dari empat korban sebelumnya atau berbeda. Namun pengacara Kelly, Steve Greenberg mengatakan bahwa J bukanlah korban baru.

"Mereka adalah orang yang sama, hanya dakwaannya yang berbeda. Korban dengan dugaan yang sama, jangka waktu yang sama, fakta yang sama,” kata Greenberg.

Di sisi lain, Kelly tetap bersikukuh bahwa ia tidak bersalah atas semua tuduhan yang dialamatkan kepadanya setelah penangkapan pada bulan Februari. Menurut pengadilan, delapan dakwaan pertama berasal dari pertemuan yang diduga terjadi antara 1 Januari dan 31 Januari 2010. Tiga lainnya berkaitan dengan dugaan pertemuan antara 1 Mei 2009 dan 31 Januari 2010.

Jaksa penuntut juga menuduh Kelly menggunakan kekuatan atau mengancam akan memaksa penuduh melakukan hubungan seks atau melakukan seks oral padanya. Kelly tidak menghadapi dakwaan federal, tetapi pengacara korban Michael Avenatti berharap Kelly akan menghadapi "dakwaan federal yang serius" dalam beberapa pekan mendatang.

Avenatti mewakili tiga korban Kelly. Dua orang tua dan dua pelapor, menurut Avenatti, telah memiliki bukti yang kuat terhadap pemenang Grammy berusia 52 tahun tersebut. Avenatti juga mengatakan, setelah penangkapan Kelly, ia telah menyerahkan video kepada jaksa penuntut yang menunjukkan Kelly berhubungan intim dengan seorang gadis di bawah umur.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA