Jumat, 22 Zulhijjah 1440 / 23 Agustus 2019

Jumat, 22 Zulhijjah 1440 / 23 Agustus 2019

Tertekan Media Sosial, Ini yang Dilakukan Selena Gomez

Selasa 18 Jun 2019 14:15 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Christiyaningsih

Selena Gomez

Selena Gomez

Foto: EPA
Selena Gomez mengatakan media sosial secara negatif memengaruhi harga dirinya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selena Gomez tampaknya ingin mengurangi aktivitas di media sosial. Mantan kekasih Justin Bieber itu mengaku kerap menghapus akun Instagram dari ponselnya.

Baca Juga

"Saya menghapus aplikasi dari ponsel saya setidaknya sekali sepekan. Bayangkan semua rasa tidak aman yang sudah kamu rasakan tentang dirimu dan suruh seseorang menulis paragraf yang menunjukkan setiap hal kecil, bahkan jika itu hanya fisik," katanya dikutip BBC, Selasa (18/6).

Jejaring media sosial dirasa telah membuatnya merasa tertekan. Berbicara sebelum rilis film barunya, The Dead Don't Die, Selena mengatakan media sosial secara negatif telah memengaruhi harga dirinya.

Perempuan berusia 26 tahun itu mengatakan media sosial membuatnya merasa tidak baik tentang diri sendiri. Terkadang ia ambil hati dengan komentar warga dunia maya yang kerap menilainya sebagai seorang berbeda.

Dulu, ia mengaku memang cukup sering memantau akun media sosial. Tetapi akhirnya  kecanduan itu menjadi sangat tidak sehat.

Dia harus banyak menghabiskan seluruh waktu memperbaiki semua komentar dan membiarkan hal negatif masuk ke dalam pikiran. Sebelumnya ia juga pernah membahas dampak media sosial di Festival Film Cannes bulan lalu.

Selena khawatir bagaimana efek media sosial terhadap kaum muda. Selena mencemaskan tentang berapa banyak orang yang menghabiskan hidup mereka secara daring.

"Ini adalah platform yang berguna tetapi itu membuatku takut ketika kamu melihat anak laki-laki dan perempuan tidak benar-benar menyadari berita yang terjadi," katanya. Menurutnya media sosial juga membuat orang menjadi egois.

Selena mengaku harus menghapus aplikasi Instagram dari ponselnya setelah menerima pelecehan maupun atau kewalahan karena komentar dari penggemar. Meskipun pernah menjadi orang yang paling diikuti di Instagram, yang kemudian digeser Cristiano Ronaldo tahun lalu, Selena tidak terlalu nyaman dengan itu.

Ia memiliki lebih dari 152 juta pengikut Instagram tapi tidak terlalu banyak menghiraukannya. Selena bahkan mengatakan bahwa dia tidak lagi memiliki kata sandi untuk akunnya sendiri. Asistennya yang bertanggung jawab atas semua unggahan di akun media sosial.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA