Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Halle Berry Blak-blakan Soal Hidup Dengan Diabetes

Kamis 20 Jun 2019 15:15 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih

Halle Berry

Halle Berry

Foto: EPA
Halle Berry diketahui mengidap diabetes mellitus sejak 1989 silam

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Halle Berry dikenal sebagai salah satu perempuan tercantik di dunia dan memiliki pencapaian karier sebagai aktris yang gemilang. Namun siapa sangka pemeran Sofia dalam film John Wick: Chapter 3 - Parabellum ini ternyata harus bergelut dengan diabetes dalam kesehariannya.

Baca Juga

Usai sukses menjadi juara harapan pertama Miss USA pada 1985, karier Berry di dunia hiburan terus meningkat. Setelah sukses menjadi model, Berry mengembangkan sayapnya di industri perfilman. Ia memutuskan pindah ke New York dan mendapatkan tawaran untuk bermain dalam serial Living Dolls pada 1989.

Saat sedang dalam proses syuting untuk serial Living Dolls, Berry tiba-tiba pingsan dan jatuh dalam kondisi koma. Saat itu baru diketahui bahwa dia menderita diabetes mellitus.

Kondisinya kala itu sangat sakit. Koma akibat diabetes ini berlangsung selama satu pekan. Setelah bangun dari koma, Berry diberitahu bahwa ia harus mendapatkan suntikan insulin setiap hari dan menjaga pola makan sepanjang hidupnya.

Mendapatkan diagnosis seperti ini, Berry mengaku sempat putus asa. Ia bahkan tak menyangka akan terkena diabetes karena tak ada anggota keluarganya yang menderita penyakit ini.

"Walaupun saya sedikit kegemukan di sekolah, saya cukup sehat kala itu," ungkap Berry pada 2005 lalu seperti dilansir Express.

Ketakutannya bertambah besar ketika mengetahui risiko-risiko apa saja yang mungkin ia hadapi akibat penyakit diabetes. Beberapa risiko di antaranya adalah kehilangan penglihatan dan amputasi. "Saya ketakutan setengah mati, saya pikir saya akan mati," ujar peraih Golden Globe Awards itu.

Namun ketakutan Berry tak menghentikannya untuk lebih menjaga kesehatan. Selain rutin mendapatkan suntikan insulin setiap hari, ia juga menerapkan pola makan yang sehat. Penerapan pola makan sehat ini membantunya memperbaiki kondisi diabetes yang diderita.

Pada 2007 lalu, kondisi Berry sudah sangat membaik sehingga ia tak harus mendapatkan suntikan insulin setiap hari. Namun saat ini, ia harus kembali mendapatkan suntikan insulin demi menjaga kondisi kesehatannya.

Sebagai penderita diabetes, Berry juga secara rutin melakukan pengecekan kadar gula darah. Dalam satu hari, ia bisa mengecek kadar gula darah secara mandiri selama beberapa kali.

Pengecekan tak hanya bermanfaat untuk mengontrol gula darahnya tetapi juga untuk menentukan dosis insulin yang tepat sebelum disuntikkan ke dalam tubuh. "Saya harus mengecek kadar gula darah saya setidaknya dua kali sehari," tambah pemeran Catwoman ini.

Berry mengaku penyakit diabetes mellitus yang ia derita justru mendorongnya untuk secara konsisten menerapkan pola hidup sehat. Ia merasa penerapan pola hidup dan pola makan yang baik ini membawa banyak manfaat baik bagi kehidupannya.

Tak hanya membantu mengontrol penyakit diabetes mellitus, pola hidup dan pola makan yang baik juga membuat berat badannya lebih terjaga. Penampilan kulit dan kondisi kesehatan mental juga terasa lebih baik.

Aktris kelahiran 14 Agustus 1966 itu juga tak membiarkan dirinya kalah oleh diabetes mellitus. Meski penyakit ini belum bisa disembuhkan, Berry tetap konsisten dan tekun dalam meniti kariernya.

Kerja keras aktris 52 tahun ini pun berbuah manis. Ia mendapatkan penghargaan aktris terbaik dalam ajang bergengsi Academy Award melalui perannya dalam Monster's Balls.

"Diabetes ternyata malah menjadi sebuah hadiah. Diabetes memberi saya kekuatan dan ketegaran karena saya harus menghadapi realita, seberapapun tak nyaman dan sakitnya itu," ungkap Berry.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA