Minggu, 17 Zulhijjah 1440 / 18 Agustus 2019

Minggu, 17 Zulhijjah 1440 / 18 Agustus 2019

Dana Perbaikan Rumah Pangeran Harry Capai Rp 43 M

Selasa 25 Jun 2019 17:52 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Reiny Dwinanda

Duchess of Sussex Meghan Markle dan Pangeran Harry duduk di kereta kuda saat menghadiri parade militer tahunan ulang tahun Ratu Elizabeth II, Sabtu (8/6).

Duchess of Sussex Meghan Markle dan Pangeran Harry duduk di kereta kuda saat menghadiri parade militer tahunan ulang tahun Ratu Elizabeth II, Sabtu (8/6).

Foto: AP Photo/Frank Augstein
Rumah Pangeran Harry, Frogmore Cottage, akan direnovasi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON --Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markel melakukan renovasi kediaman mereka dengan menggunakan uang negara senilai 2,4 juta poundsterling, sekitar 43 miliar rupiah. Penggunaan dana negara tersebut diumumkan oleh Pengurus Kerajaan Inggris dalam laporan keuangan tahunan.

Baca Juga

Kediaman resmi The Duke dan Duchess of Sussex yang bernama Frogmore Cottege berada di sudut lahan kompleks Istana Windsor, London Barat. Kediaman tersebut awalnya berupa lima kamar bergaya asrama, dan akan dirombak menjadi rumah modern untuk memberikan hunian yang nyaman bagi anak mereka, Archie.

Dana yang dipakai untuk renovasi kediaman resmi Pangeran Harry dan Meghan merupakan anggaran dalam Sovereign Grant. The Sovereign Grant adalah sumber pembiayaan bagi segala keperluan keluarga kerajaan yang berasal dari pajak.

Pembiayaan tersebut meliputi gaji pelayan ratu, perawatan, dan pemeliharaan istana serta tugas-tugas resmi kerajaan seperti perjalanan, termasuk renovasi bangunan. Akun keuangan Sovereign Grant dipublikasikan secara transparan.

Berdasarkan rilis dari keluarga kerajaan menunjukkan bahwa, dana negara untuk kerajaan selama periode 2018-2019 sekitar 67 juta poundsterling atau setara 85,3 juta dolar AS. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 41 persen dari periode sebelumnya.

"Bangunan tersebut sudah lama tidak diperbaiki dan sudah memperlihatkan tanda-tanda perlu diperbaiki dan sejalan dengan keperluan perawatan untuk istana-istana yang ditinggali oleh keluarga kerajaan," kata Keeper of the Privy Purse, penanggung jawab pengelolaan rumah tangga kerajaan, Michael Stevens.

"Infrastruktur yang sudah tua diganti untuk menjamin pemakaian jangka panjang ke depan," katanya saat bagian kerumahtanggaan menerbitkan laporan tahunan "Sovereign Grant", yang berisi perincian pendapatan dan pengeluaran Ratu Elizabeth serta kerumahtanggaannya.

Frogmore Cottage merupakan bangunan abad 19 di kawasan Kastil Windsor milik ratu. Frogmore kini menjadi kediaman resmi Pangeran Harry dan Meghan. Pasangan itu pindah sesaat sebelum kelahiran putra pertama mereka, Archie, pada Mei.

Bangunan tersebut sebelumnya diubah menjadi lima tempat tinggal terpisah dan kantor-kantor. Frogmore Cottage sudah direncanakan untuk direnovasi sebelum disetujui untuk menjadi kediaman Pangeran Harry dan Meghan.

Perbaikan selama enam bulan meliputi pula jaringan listrik, pergantian atap dan balok-balok lantai, sistem pemanas baru, dan memperkenalkan pula sistem gas yang baru dan sistem perairan.

Satu sumber di istana, yang tidak bersedia disebut namanya, mengatakan hibah pembayaran pajak mencakup biaya dasar untuk dapur, kamar mandi, lantai, dan beberapa aspek lain yang sesuai dengan kebutuhan pasangan kerajaan, yang juga membayar berbagai biaya, antara lain untuk perabot dan tirai. Surat kabar Inggris melaporkan bahwa di antara perubahan-perubahan tersebut, gedung itu kini memiliki kamar untuk yoga dan lantai apung.

Ratu sangat terlibat dalam mengambil keputusan yang mengizinkan pasangan tersebut untuk mendiami Frogmore Cottage dan selalu mendapat informasi perkembangan proyek, kata sumber.

Harry dan Meghan pernah tinggal di sebuah kediaman di kompleks Istana Kensington, London, yang merupakan rumah kakak laki-lakinya, Pangeran William dan istrinya, Kate.

Namun, sejak Harry dan Meghan menikah Mei tahun lalu, mereka menapaki jalan masing-masing, memisahkan kerumahtanggaannya dari William dan Kate serta memindahkan kantor staf mereka ke Istana Buckingham. Pekan lalu, muncul pengumuman bahwa mereka juga memisahkan keterlibatan dari yayasan amal, yang sebelumnya mereka berempat tangani bersama.

sumber : Antara, Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA