Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Yesterday: Membayangkan Dunia tanpa The Beatles

Kamis 27 Jun 2019 13:25 WIB

Rep: MGROL/ Red: Christiyaningsih

Salah satu adegan dalam film Yesterday.

Salah satu adegan dalam film Yesterday.

Foto: Universal Pictures
Yesterday berkisah tentang dunia yang tak seorang pun ingat karya The Beatles

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah grup musik legendaris pasti selalu terkenang di hati banyak orang. Meski personelnya telah tiada pun, karyanya tetap bisa dinikmati sepanjang masa. Lagunya selalu akrab di telinga.

Namun, pernahkah membayangkan ketika karya dari grup musik legendaris tersebut seketika punah? Bahkan, hanya satu orang yang mengingatnya. Hal itulah yang dialami oleh grup musik legendaris The Beatles.
 
Peristiwa yang dialami The Beatles ini tentu bukan kisah sungguhan. Hal ini hanya terjadi dalam film Yesterday karya Danny Boyle dan Richard Curtis yang dijadwalkan rilis 28 Juni mendatang. Film ini juga melibatkan salah satu musisi populer abad ini, Ed Sheeran.

Yesterday mengisahkan tentang seorang musisi bernama Jack (Himesh Patel) yang begitu menyukai The Beatles. Namun, ia harus menghadapi kenyataan bahwa lingkungan terdekatnya tidak mengenal grup musik asal Liverpool itu.

Ia sempat menyanyikan beberapa lagu di hadapan orang tua dan teman-temannya. Tetapi tak ada satu pun yang menyadari itu karya grup musik yang mendunia.

Penonton akan bernostalgia dengan mendengarkan beberapa lagu The Beatles seperti Hey Jude, Let It Be, Back in the USSR, dan In My Life sepanjang film berdurasi 117 menit ini. Pemilihan judul Yesterday dibandingkan lagu lain pun berdasarkan alasan yang kuat. Hal ini diungkapkan oleh Richard Curtis.

Menurutnya, musik dan lirik sangat membantu untuk membangun narasi yang kuat sepanjang film. Bagi penciptanya, Paul McCartney, Yesterday adalah karya yang memiliki kejeniusan sempurna. Paul seolah menyihir orang-orang yang mendengarkan lagu ini.
 
Semuanya menganggap sebuah keajaiban dan ternganga ketika mendengarnya. Ini serupa dengan apa yang digambarkan di film ketika Jack pertama kali menyanyikan lagu ini di hadapan teman-temannya.

Selain Yesterday, pemilihan lagu yang diputar sepanjang film ini pun tak sembarangan. Semuanya diurutkan berdasarkan perjalanan hidup Jack. Butuh waktu cukup lama untuk memilih lagu-lagu mana yang cocok. Selain itu, harus dipastikan semua lagu yang diputar dapat mewakili semua sisi dari The Beatles.
 
Film ini sangat cocok ditonton oleh pecinta The Beatles namun sedikit membingungkan bagi yang awam. Jalan cerita kebanyakan berangkat dari judul-judul lagu The Beatles. Termasuk lokasi yang dipilih. Kendati demikian penonton tetap dapat menikmati lelucon-lelucon dari para aktor yang begitu menghibur.
 
Selain itu, penonton juga dibuat terkesima dengan aksi panggung Jack. Diceritakan pula kisah cintanya dengan Ellie (Lily James), teman sekaligus manajer yang sejak remaja selalu mendukung karier Jack dalam bermusik ketika orang lain tak sepenuh hati mendukung Jack. Jadi, sudah siap merasakan sensasi dunia tanpa The Beatles?

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA