Monday, 25 Zulhijjah 1440 / 26 August 2019

Monday, 25 Zulhijjah 1440 / 26 August 2019

Lakukan Ini Saat Beda Pandangan Politik dengan Pasangan

Jumat 07 Jun 2019 00:18 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari

Pasangan suami istri.

Pasangan suami istri.

Foto: Pexels
Apa gunanya memenangkan pertempuran politik jika akhirnya kehilangan hubungan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masalah politik yang dibawa ke dalam sebuah hubungan bisa saja memicu situasi yang tidak nyaman. Terlebih jika berbeda pandangan politik, akan ada potensi hubungan menjadi tidak harmonis. Akan tetapi kabar baiknya, hal itu bukan tidak bisa diatasi.

Baca Juga

Meskipun tidak mudah, tapi ada beberapa hal yang bisa dicoba demi menyelamatkan hubungan saat berbeda pandangan politik, dilansir laman Times of India.

Jangan bawa politik ke tempat tidur

Ini adalah salah satu hal terpenting yang harus diikuti setiap pasangan. Hindari membicarakan politik dengan pasangan saat tidur. Cara terbaik untuk melakukannya adalah berhenti menggunakan media sosial, bahkan jika mungkin, matikan saja gawai. Itu adalah pilihan yang lebih baik, terlebih jika baru melewati perdebatan yang berkaitan dengan politik sebelum tidur.

Jangan hakimi pasangan

Kepercayaan politik hanyalah bagian dari kehidupan seseorang. Meskipun dia mungkin mendukung pandangan politik tertentu, itu tidak berarti orang itu hanya manifestasi dari kepercayaan itu. Cobalah untuk tidak menilai pasangan Anda hanya berdasarkan pemimpin yang ia dukung.

Saling menghormati pandangan

Pasangan tidak harus menyetujui semua yang dikatakan pasangan. Akan tetapi itu bukan berarti keduanya harus berselisih karena ketidaksepakatan politik. Alih-alih begitu, cobalah mendengarkan apa yang dikatakan pasangan, namun urusan sepandangan bisa Anda anggap, sebaliknya tidak sepandangan dapat diabaikan.

Prioritaskan hal penting dalam hubungan

Apakah pertentangan politik cukup layak untuk memengaruhi kasih sayang Anda pada pasangan? Pikirkan lagi soal tahun, energi, dan emosi yang telah Anda investasikan untuk membuat hubungan itu berjalan. Hargai kehidupan cinta Anda dan berikan lebih penting pada hal-hal yang dapat membuat hubungan lebih kuat.

Kemenangan politik bukanlah segalanya

Terkadang kita memenangkan pertempuran tetapi kalah perang. Jadi, dalam hidup, kemenangan kecil tidak masalah jika Anda tidak bisa memenangkan perang yang lebih besar. Apa gunanya memenangkan pertempuran perbedaan politik ini jika akhirnya kehilangan hubungan? Karena jatuh cinta, terkadang Anda kalah hanya untuk menang. Yang penting adalah apa yang membuat hubungan lebih kuat.

Beri ruang satu sama lain

Saat harus mencapai puncak perdebatan politik yang panas, hal terbaik yang perlu dilakukan adalah beristirahat dan mengerjakan sesuatu yang akan membantu Anda bersantai. Pilihan lain adalah mendiskusikan ideologi politik dengan orang-orang yang memiliki kepercayaan yang sama. Dengan demikian Anda dapat menghindari melakukan hal yang sama di rumah dengan pasangan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA