Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Tindik Telinga Anak, Hilary Duff Dituduh Lakukan Penyiksaan

Jumat 05 Jul 2019 10:56 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Hilary Duff

Hilary Duff

Foto: EPA
Hillary Duff bukan seleb pertama yang disorot karena menindik anaknya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum lama ini, aktris Hilary Duff mengunggah sebuah foto hitam putih yang menangkap momen bahagia dirinya bersama anak keduanya, Banks Violet Bair. Siapa sangka foto bahagia yang diunggah di Instagram itu justru menyulut perdebatan sengit para warganet.

Perdebatan ini bermula ketika warganet menyadari bahwa Banks mengenakan anting di dalam foto unggahan Hilary. Warganet menilai Banks baru saja mendapatkan tindikan telinga karena pada unggahan foto bulan lalu, Banks tidak tampak memiliki tindikan telinga.

Banyak warganet yang langsung membanjiri kolom komentar foto Hilary dengan beragam kritik. Tak sedikit yang menyebut Hilary kejam karena membiarkan anaknya, Banks, untuk merasakan sakit akibat tindikan yang sebenarnya tidak perlu.

Perdebatan yang terjadi di antara warganet terus melebar ke topik yang lebih luas. Sebagian warganet berdebat mengenai usia yang ideal untuk memasang perhiasan tubuh pada anak, sebagian lain menilai tindik telinga anak dapat dikategorikan sebagai "penyiksaan anak".

"Saya tidak mengerti mengapa Anda berpikir tidak apa-apa untuk menindik telinga anak Anda, membuatnya merasakan sakit dan rasa tidak nyaman yang hebat," terang pengguna Instagram _katebentley__, seperti dilansir USA Today.

Warganet lain menilai Hilary tak berhak mengubah sesuatu apapun pada tubuh sang anak tanpa persetujuan dari anak tersebut. Mengingat Banks masih berusia delapan tahun dan belum bisa mengungkapkan pendapatnya sendiri, warganet menilai Hilary seharusnya tak menindik telinga sang anak yang hasilnya adalah perubahan permanen pada telinga.

Namun tak semua warganet menyerang Hilary dengan kritikan tajam. Tak sedikit pula warganet yang maju dan membela Hilary.

Salah satu warganet @krystin_babiczleghorn bercerita bahwa dulu ia seorang remaja yang bermasalah. Ia sering terlibat pertengkaran dan memiliki beberapa masalah dengan orang tuanya.

"Mendapatkan tindik telinga ketika saya berusia enam bulan bukan salah satu dari masalah itu," tulis warganet tersebut, mengindikasikan bahwa mendapatkan tindik telinga saat bayi bukan masalah untuknya.

Warganet lain @this_issheena juga turut membela Hilary dan mengatakan praktik tindik telinga sudah dilakukan orang tua sejak lama. Praktik tindik telinga, menurut warganet tersebut, tidak menyakitkan dan bukan masalah besar.

"Lakukan apa yang Anda inginkan dengan anak Anda," jelas warganet tersebut.

Meski banyak perbedaan pendapat terkait kapan usia yang tepat untuk memberi perhiasan tubuh pada anak, banyak orang-orang Amerika Latin, Amerika Afrika dan Timur Tengah yang memberi tindikan telinga kepada anak mereka sejak bayi. Praktik mendindik telinga bayi juga bukan hal yang asing ditemukan di Indonesia.

Banyak orang tua yang menindik telinga bayi sejak dini. Alasannya, semakin muda usia anak ketika mendapatkan tindik telinga, semakin sedikit rasa nyeri yang dirasakan.

Hilary bukan satu-satunya selebritas yang mendapatkan kritik tajam karena menindik telinga anak. Pada 2018 dan 2013, Kylie Jenner dan Gisele Bundchen juga mendapatkan kritik karena melakukan hal serupa.



Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA