Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Film Iqro: My Universe Didekasikan untuk Pratiwi Sudarmono

Senin 08 Jul 2019 10:48 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari

Astronot pertama Indonesia, Prof Pratiwi Pujilestari Sudarmono.

Astronot pertama Indonesia, Prof Pratiwi Pujilestari Sudarmono.

Foto: dok. Humas
Pratiwi Sudarmono berharap film Iqro tambah wawasan tentang luar angkasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Film Iqro: My Universe mengisahkan tentang perjuangan seorang gadis bernama Aqilla yang ingin menjadi astronot. Film yang disutradai Iqbal Alfajri ini ternyata didedikasikan untuk astronot pertama Indonesia yaitu Prof Pratiwi Pujilestari Sudarmono.

Pada Oktober tahun 1985 lalu, setelah melewati seleksi panjang, Pratiwi akhirnya terpilih sebagai  salah satu orang yang akan mengemban misi dari NASA. Pratiwi rencananya akan ambil bagian dalam misi Space Shuttle STS 61-H sebagai seorang Payload Specialist. Namun karena adanya insiden di Florida yang menyebabkan pesawat ruang angkasa milik AS Challenger STS 51-L meledak, Pratiwi gagal mengorbit.

“Maka kami mendedikasikan film ini untuk beliau juga. Sebagai media untuk menyampaikan pesan kepada anak-anak Indonesia agar terus bermimpi dan berusaha untuk mewujudkannya. Karena Indonesia adalah negara kaya, sudah seharusnya Indonesia memiliki vokal di dunia internasional,” kata Iqbal pada konferensi pers film Iqro: My Universe.

Pratiwi Sudarmono yang juga hadir pada konferensi pers sangat mengapresiasi film tersebut. Dia menekankan, film Iqro: My Universe bisa merangsang keingintahuan anak tentang kehidupan alam, dunia, terutama luar angkasa.

“Alam semesta itu sangat luas jangkauannya, tentu saja masih banyak yang harus dieksplorasi oleh umat manusia,” jelas Pratiwi yang kini menjabat sebagai professor mikrobiologi di Universitas Indonesia.

Untuk itu dia berharap, film Iqro: My Universe bisa mendorong anak bangsa untuk bermimpi dan semangat mewujudkan mimpinya. Selain itu juga diharapkan, film ini bisa menambah wawasan anak-anak terhadap luar angkasa.

Film yang akan tayang mulai 11 Juli 2019 ini melibatkan banyak artis kenamaan seperti Cok Simbara, Maudy Koesnaedi, Astrie Ivo, Meriam Bellina, Mike Lucock, Raihan Khan, Mario Irwinsyah, Ben Kasyafani, Elliz Christin, Adhitya Putri dan lainnya.


 


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA