Sunday, 18 Zulqaidah 1440 / 21 July 2019

Sunday, 18 Zulqaidah 1440 / 21 July 2019

Chua Kotak Tenangkan Anak yang Marah dengan Musik

Rabu 10 Jul 2019 17:30 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Christiyaningsih

Chua 'Kotak'

Chua 'Kotak'

Foto: Republika/Desy Susilawati
Chua menenangkan anak yang marah dengan mengajak bermain musik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat anak marah, orang tua biasanya bingung akan berbuat apa. Tak jarang malah orang tua ikut marah. Tapi tidak bagi Swasti Sabdastantri atau yang biasa dipanggil Chua. Pembetot bas grup band Kotak ini justru menenangkan anak yang marah dengan mengajak bermain musik bersama.

Baca Juga

"Raja (anak pertama Chua) kalau lagi rewel saya ajak main gitar bareng. Dan ini benar menumbuhkan bonding dengan anak," ujar Chua disela acara The Launch of Musical Toys yang diselenggarakan oleh ELC di Jakarta, Rabu (10/7).

Menurut Chua, Raja sejak kecil sudah diperkenalkan ke dunia musik. Bahkan sejak usia lima bulan, Raja sudah diajak ke tempat kerja Chua yang berprofesi sebagai musisi.

"Dari kecil Raja sudah diajak manggung. Cek sound, meskipun begitu saya pakaiakan penutup telinga. Karena suara alat musik dengan watt tinggi kurang baik untuk anak," ujarnya.

Karena terbiasa dengan musik, ketika sedang marah, ngambek, atau menangis Raja bisa langsung diam jika diberi suara musik. Musik yang disodorkan bisa dengan bermain musik langsung dengan Chua maupun suara musik yang lainnya. "Kalau cemburu dengan adiknya, ajak main gitar bareng," tambahnya.

Saat main gitar bersama Raja, Chua juga mendongengkan sebuah cerita. "Kayak main dongeng. Kalau mukanya happy aku loncat, dia jadi happy lagi," ujarnya.

Bukan hanya anak pertamanya, anak kedua Chua juga terbiasa dengan musik. Bahkan sejak masih di dalam kandungan, anaknya yang kini berusia tiga bulan sudah terbiasa dengan musik.

"Selama hamil diajak manggung sampai usia kehamilan delapan bulan. Pas bayi sekarang anak usia 3 bulan, pas nangis dengar musik dia diam, mungkin ingat musik," tambahnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA