Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Halle Bailey Jadi Ariel Dikritik, Jodi Benson Beri Semangat

Kamis 11 Jul 2019 07:16 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih

Halle Bailey

Halle Bailey

Foto: AP
Pengisi suara Ariel di animasi The Little Mermaid, Jodi Benson, membela Halle Bailey

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Pengisi suara Ariel di film animasi The Little Mermaid pada 1989, Jodi Benson, membela aktris Halle Bailey setelah kritik daring muncul. Kritik tersebut memprotes Disney yang memilih Halle Bailey untuk memerankan Ariel.

“Kita harus menjadi pendongeng tidak peduli bagaimana penampilan, ras, bangsa, warna kulit, dialek, bentuk badan, dan warna rambut. Kami benar-benar perlu menceritakan kisah itu,” kata Benson dilansir Entertainment Weekly.

Benson kemudian mengungkapkan yang terpenting adalah bagaimana penonton bisa merasakan semangat karakter. Semangat itu benar-benar menjadi hal yang diperhitungkan. Bahkan ketika bertambah tua, Benson mengatakan ia masih bisa mewujudkan Ariel dalam penampilannya.

“Ketika saya menyanyikan ‘Part of Your World’, jika Anda menilai saya dari penampilan di luar itu mungkin mengubah cara Anda menafsirkan lagu itu. Tapi jika kamu menutup mata, kamu masih bisa mendengar ruh Ariel,” ujarnya.

Kritik terhadap Bailey telah memunculkan hashtag #NotMyAriel dan petisi di Change.org sebagai protes atas keputusan Disnet memilih aktris kulit hitam dalam peran tersebut. Beberapa mengklaim Ariel harus berkulit putih karena ceritanya berasal dari dongeng Denmark dan remake tersebut memudarkan warisan film aslinya.

Terlepas dari respons negatifnya, banyak orang yang memuji Bailey dan mengatakan ia memiliki kemampuan akting dan bernyanyi yang diperlukan untuk peran tersebut. Bailey adalah anggota dari duo R&B Chloe x Halle. Saudara perempuannya bernama Chloe Bailey.

Selain Benson, selebritas lainnya telah secara terbuka mendukung Bailey. Di antaranya adalah Yara Shahidi, Sophie Turner, Zendaya, dan Halle Berry. Bahkan Freeform menanggapi kontroversi dengan pernyataan yang menunjukkan orang kulit hitam Denmark memang ada dan tentu saja Ariel adalah karya fiksi.

Dalam sebuah wawancara, Bailey mengaku masih terkejut atas peran barunya. Ia melihat ini akan menjadi pengalaman menarik. “Saya merasa sangat bersyukur saat ini. Saya masih sangat syok. Saya baru tahu satu atau dua hari yang lalu,” katanya.

The Little Mermaid yang disutradari Rob Marshall saat ini sedang dalam pengembangan. Melissa McCarthy, Jacob Tremblay, dan Awkwafina juga merupakan bagian dari pemeran dalam The Little Mermaid.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA