Minggu, 18 Zulqaidah 1440 / 21 Juli 2019

Minggu, 18 Zulqaidah 1440 / 21 Juli 2019

Pengadilan Putus Julio Iglesias Ayah Biologis Pria Spanyol

Kamis 11 Jul 2019 13:43 WIB

Red: Ani Nursalikah

Julio Iglesias

Julio Iglesias

Foto: EPA
Perselingkuhan singkat Iglesias dan seorang balerina Portugis berlangsung pada 1975.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pengadilan Spanyol menetapkan penyanyi veteran Julio Iglesias adalah ayah biologis seorang pria Spanyol yang ibunya berselingkuh singkat dengan Iglesias pada 1975. Putusan tersebut adalah kemenangan bagi mantan balerina Portugis Maria Edite Santos dan putranya Javier Sánchez (43 tahun) yang memulai klaim paternitas tiga dekade lalu.

Baca Juga

Iglesias (75) menolak memberikan DNA, tetapi hakim mengatakan ada kemiripan fisik yang jelas antara dia dengan Sanchez. Penyanyi ini memiliki delapan anak lain, termasuk bintang pop Enrique Iglesias.

Julio Iglesias adalah salah satu seniman Latin paling sukses sepanjang masa. Ia telah menjual lebih dari 300 juta rekaman dalam 14 bahasa.

Penyanyi yang memenangkan penghargaan prestasi seumur hidup Grammy tahun ini, tidak hadir di pengadilan di Valencia, Rabu (10/7). Hakim José Miguel Bort mengatakan putusan itu diambil sebagian karena kemiripan antara kedua orang itu dan berdasarkan kesaksian Edite.

Bort mengatakan Edite memberikan bukti kredibel tentang perselingkuhannya yang berlangsung selama beberapa pekan dengan Iglesias saat putranya dikandung. "Kemungkinan hubungan seksual terjadi di antara mereka bukan tidak mungkin atau tidak masuk akal," kata hakim, dilansir di BBC, Rabu (10/7).

Pengacara Sánchez, Fernando Osuna, mengatakan Edite berselingkuh dengan Iglesias di Katalonia, Spanyol pada Juli 1975. Sembilan bulan kemudian Javier lahir.

Tim pembela Iglesias berpendapat persidangan seharusnya tidak terjadi karena kasus ini sebelumnya dibatalkan. Iglesias dapat mengajukan banding terhadap putusan tersebut.

Klausul dalam konstitusi Spanyol memberi orang hak untuk mengejar tuntutan paternitas itu. Sánchez telah menghabiskan 30 tahun untuk membuktikan Iglesias adalah ayahnya.

Pada 1992, pengadilan memutuskan memenangkannya, tetapi Iglesias mengajukan banding dan membatalkan putusan tersebut. Penyanyi, yang menikah dengan istri pertamanya saat perselingkuhan singkat dengan Edite, menolak beberapa kali menjalani tes paternitas.

Pengadilan Spanyol terbaru ini disetujui setelah Osuna berpendapat bukti DNA baru yang diperoleh di AS oleh seorang penyelidik memiliki kecocokan 99,9 persen, meskipun hakim kemudian mengacuhkan bukti ini dalam keputusannya.

Sementara DNA tidak datang langsung dari penyanyi. Sampel dikumpulkan dari sebotol air yang digunakan oleh putranya, Julio Iglesias Jr. Botol air tersebut ditinggalkan di pantai Miami saat ia berselancar. Tes kemudian menunjukkan Sánchez dan Julio Iglesias Jr adalah saudara.

Julio Iglesias lahir di Madrid. Terkenal karena lagu balada romantisnya, ia menikmati kesuksesan besar selama 1970-an dan 1980-an.

Ia melakukan rekaman dengan artis AS Diana Ross, Stevie Wonder, dan Willie Nelson. Penyanyi pemenang penghargaan ini memiliki tiga anak yang lahir dari Isabel Preysler, mantan rekannya dan lima anak dari pasangannya saat ini, model Belanda Miranda Rijnsburger.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA