Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Rasa Bersalah Jadi Alasan Kangin Super Junior Keluar

Jumat 12 Jul 2019 17:12 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Kangin Super Junior

Kangin Super Junior

Foto: EPA
Kangin sudah tidak aktif sejak 2017 di Super Junior akibat insiden pertengkaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu anggota Super Junior (Suju) Kangin mengumumkan mundur dari grup yang sudah membesarkan namanya tersebut. Kangin pertama kali debut sebagai penyanyi bersama grup Super Junior sekitar 14 tahun lalu, yaitu pada 2005.

Kangin mengumumkan pengunduran dirinya secara resmi melalui akun Instagram pribadinya @kanginnim pada Kamis (11/7). Pengumuman yang cukup panjang ini ia tulis bersamaan dengan unggahan gambar berwarna hitam polos.

"Mulai hari ini, saya berencana untuk melepaskan nama Super Junior, nama yang saya miliki untuk waktu yang lama," ungkap Kangin, seperti dilansir Channel News Asia.

Seperti diketahui, Kangin sudah tidak aktif beraktivitas di dunia hiburan sejak 2017 lalu, setelah ia terlibat dalam insiden pertengkaran di suatu tempat minum. Selain itu, Kangin juga terlibat dalam dua kasus mengemudi dalam keadaan mabuk.

Keterlibatan kangin dalam kasus-kasus ini membuat laki-laki berusia 34 tahun tersebut mendapatkan imej yang kurang baik. Hal ini turut memberi pengaruh buruk terhadap citra Super Junior sebagai grup yang menaunginya.

"Saya selalu merasa bersalah kepada anggota grup saya," lanjut Kangin.

Kangin mengaku keputusan untuk mundur dibuat setelah ia melihat rekan-rekan satu grupnya turut mengalami ketidakberuntungan akibat masalah pribadi Kangin. Oleh karena itu, Kangin memutuskan untuk tak lagi menunda keputusan untuk mundur dari Super Junior lebih lama lagi.

Kangin juga menyampaikan permohonan maaf kepada ELF, sebutan untuk penggemar Super Junior. Ia pun berterima kasih karena ELF tak pernah henti memberikannya cinta selama 14 tahun terakhir.

"Mungkin ini sangat terlambat, tapi meskipun saya melepas nama Super Junior dan mulai berjalan sendiri, saya akan selalu mengingat perasaan bersyukur dan penuh maaf ini," jelas Kangin.

Kangin mengakhiri tulisan pengunduran dirinya dengan memberi dukungan bagi Super Junior. Kangin mengatakan ua akan selalu mendukung kesuksesan Super Junior di masa mendatang.

Pengunduran diri Kangin ini telah dikonfirmasi oleh agensi SM Entertainment yang menaungi Super Junior. Meski mundur dari Super Junior, Kangin masih tetap berada di bawah naungan SM Entertainment. Akan tetapi, belum diketahui seperti apa rencana aktivitas Kangin ke depan sebagai selebriti.

"Kamu memutuskan untuk menghormati keptusan Kangin untuk meninggalkan grup secara sukarela," ujar salah satu perwakilan SM Entertainment.

Super Junior merupakan salah satu grup K-Pop yang memiliki andil besar dalam menyebarkan hallyu atau 'demam Korea' ke berbagai penjuru negara. Super Junior didirikan petama kali pada 2005 dan terus aktif hingga saat ini. Super Junior direncanakan akan merilis album baru pada akhir 2019 mengingat anggota termuda Super Junior Kyuhyun telah menyelesaikan wajib militer.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA