Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Topi Tompi Terjual Rp 51 Juta Lewat Lelang

Rabu 17 Jul 2019 20:09 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Indira Rezkisari

Penyanyi solo Tompi menghibur penonton dengan lagu-lagu andalannya, saat tampil pada BNI Java Jazz Festival, di Jakarta International Expo, Jumat (3/3).

Penyanyi solo Tompi menghibur penonton dengan lagu-lagu andalannya, saat tampil pada BNI Java Jazz Festival, di Jakarta International Expo, Jumat (3/3).

Foto: Raisan Al Farisi/Republika
Hasil penjualan topi Tompi langsung disalurkan oleh Rumah Zakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Tompi melelang barang berupa topi miliknya di website lelang daring yang dibuat Rumah Zakat, lelangbintang.com. Dari hasil lelang daring ini, topi yang menjadi ciri khas Tompi tersebut terjual dengan harga Rp 51 juta.

Baca Juga

Selain topi, gitar milik personel grup band Armada, Rizal, juga dilelang dan terjual dengan harga Rp 25 juta. Dalam keterangan di situs lelang daring itu, Riza melelang gitarnya untuk membantu membangun sekolah di Palestina.

Selebritas Oki Setiana Dewi, juga ikut melelang barang-barangnya yakni beberapa gaun miliknya. Ada yang terjual dengan harga Rp 75 juta, Rp 45 juta, dan Rp 65 juta. Tak ketinggalan, blazzer milik Pasha 'Ungu', yang kini menjadi wakil wali kota Palu, juga dilelang dan laku Rp 50 juta.

Chief Marketing Officer Rumah Zakat Irfan Nugraha menjelaskan, Rumah Zakat membuat platform lelang daring untuk menjembatani tokoh publik dan fan dalam berbuat kebaikan. Hubungan emosional antara figur publik dan fan itu kuat sehingga perlu dijembatani agar hubungan antarkeduanya punya nilai manfaat yang lebih.

Irfan menyadari, beberapa figur publik sudah melakukan beberapa proses lelang misalnya melalui konser. Tapi menurutnya ini sebatas konser dan Rumah Zakat ingin lelang itu dilakukan secara daring. Sehingga para fan tidak harus datang ke acara yang diisi oleh idolanya.

"Jadi bagaimana dia bisa ikut melakukan penawaran terhadap barang yang dilelang. Lalu ada ide bikin platform lelang, kemudian muncullah lelangbintang.com. Jadi kita hadir memberikan manfaat kepada figur publik dan follower-nya," papar Irfan saat berkunjung ke kantor Republika di Jakarta, Rabu (17/7).

Dengan begitu, lanjut Irfan, para fan tidak sekadar meniru berbagai hal dari sang idola, tapi juga bisa berkontribusi memberikan manfaat kepada orang banyak. Di sisi lain, tokoh publik pun bisa melakukan kebaikan dengan melelang barang-barang yang dimiliki.

Saat ini ada 15 figur publik yang berkontribusi melelang barang-barangnya. Di antaranya Tompi, Ricky Harun, Teuku Wisnu, Oki Setiana Dewi, Cupink Topan, Natta Reza, dan lainnya. Total nominal barang pesohor yang sudah terlelang senilai Rp 1 miliar. "Ada jam tangan, motor, gitar, jersey, topi, kaca mata, gaun," paparnya.

Irfan menerangkan, Rumah Zakat menyerahkan sepenuhnya kepada tokoh publik tersebut untuk memilih sendiri program yang diinginkan dari hasil lelang. Misalnya untuk pembangunan masjid di tempat yang memang membutuhkannya, untuk rumah tahfiz, warga Palestina, dan sebagainya.

"Nanti kita tampilkan foto barangnya di website, lalu follower itu menawar dengan batasan waktu. Misal kita buka sepekan, jatuh ke yang tertinggi, dapat pemenangnya, dia transfer donasinya, kita antarkan barangnya. Kita optimalkan dana hasil lelang itu untuk program kebaikan sesuai keinginan figur publik itu," jelasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA