Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Hamish Daud Bangga Jadi Bagian Pemecahan Rekor Selam

Senin 05 Aug 2019 14:42 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

Hamish Daud

Hamish Daud

Foto: Farah Noersativa/Republika
Hamis Daud ikut menyelam bersama ribuan penyelam untuk memecahkan rekor.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Aktor yang juga pecinta laut, hamish daud merasa bangga menjadi bagian dari pemecahan rekor dunia selam yang diadakan oleh Wanita Selam Indonesia ( wasi ) pada tanggal 1-3 Agustus lalu. Dia ikut terlibat dalam pemecahan Rekor Penyelaman Massal Terbanyak di Pantai Megamas, Manado, Sulawasi Utara.

Hamish bersama sekitar 3.000 orang lainnya turun ke laut untuk memecahkan rekor. Dia mengaku sangat senang bisa melihat para penyelam berkumpul di ajang tersebut.

"Senang sekali melihat anak kecil menyelam bersama orang tuanya, tidak terlihat seperti penyela. Acara ini simbolik, ini seperti acara keluarga, semua pecinta laut datang ke sini, 3.000 lebih orang, dan semua bangga dengan laut Indonesia, karena itu misi saya untuk mengajak masyarakat ke laut," ungkap Hamish usai pemecahan rekor, akhir pekan lalu.

Acara pemecahan rekor ini, menurut Hamish, merupakan acara simbolik untuk mengingatkan kepada orang Indonesia akan jati diri mereka yang merupakan orang laut. Sebab, Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki belasan ribu pulau.  Melalui ajang kumpul penyelam internasional itu, menurut Hamish, kesadaran bagi masyarakat Indonesia akan pariwisata selam bisa terpantik.

Baca Juga

"Semua orang jadi pengen datang ke lautan kita, kita harus jaga itu," tutur suami dari penyanyi Raisa itu.

Selama ini, Hamis tak pernah menyelam bersama dengan beribu-ribu orang. Ajang itu membuat dia berkesempatan menyelam bersama lebih dari 3.000 penyelam untuk memecahkan rekor.

Dia pun memuji pelaksanaan pemecahan rekor yang berjalan dengan lancar dan sangat memperhatikan keamanan. Apalagi, masih banyak juga penyelam baru yang ikut dalam ajang tersebut.

"Jadi sebenernya ada ratusan orang juga yang memerhatikan para penyelam. Tapi tadi cukup aman untuk orang yang ikut ini," tutur dia.

Hamish menuturkan, acara ini juga bisa menjadi ajang edukasi kepada masyarakat dan penyelam baru. Anak-anak pun bisa turut belajar mengenai dunia selam Indonesia.

"Ini satu platform untuk edukasi," jelas Hamish.

Organisasi WASI berhasil memecahkan tiga rekor dunia dalam dunia penyelaman. Rekor-rekor itu adalah Rangkaian Manusia Terpanjang di Bawah Air berama 578 penyelam, Rekor Penyelaman Massal Terbanyak dengan 3.131 penyelam, dan Rekor Pembentangan Bendera Terbesar di Bawah Air dengan luas bendera 1.014 meter persegi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA