Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Makmum, Horor di Balik Buyarnya Kekhusyukan Shalat

Jumat 09 Aug 2019 06:57 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda

Film Makmum

Film Makmum

Foto: Republika/Dwina Agustin
Film Makmum yang bergenre horor akan tayang 15 Agustus mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Makmum arahan  Hadrah Daeng Ratu akan tayang di 180 layar bioskop Indonesia pada 15 Agustus. Ceritanya diangkat dari film pendek berjudul sama karya Riza Pahlevi yang dibuat pada 2015.

"Ini dari sembilan menit menjadi 95 menit," ujar produser Dheeraj Kalwani.

Mendapatkan porsi durasi yang lebih panjang tidak membuat cerita Makmum menjadi lebih jelas dan terbuka. Di versi film pendeknya, Makmum mengisahkan tentang seorang perempuan yang shalat malam sendirian di kamarnya.

Saat sedang shalat, ia justru mendapatkan gangguan dengan adanya suara yang mengikuti bacaannya. Dia jadi tidak khusuk dan was-was karenanya.

Kisah tersebut mencoba mengangkat sisi horor dari godaan yang dialami orang yang sedang shalat. Ketika beribadah pun, godaan akan selalu ada. Apakah orang tersebut akan tetap khusuk atau malah teralihkan perhatiannya?

Poin utama itulah yang dikembangkan dalam film dari Blue Water Films dan Dee Company ini. Hanya saja, eksekusi Makmum versi layar lebar ternyata tidak cukup mulus.

Baca Juga

Makmum pada akhirnya menunjukan film horor pada umumnya, setan yang menggoda manusia. Kemudian, manusia tidak melawan godaan itu dengan kekhusukan solat yang coba ingin disampaikan pada cerita.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA