Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Lady Gaga Bantah Tuduhan Curi Lagu 'Shallow'

Jumat 09 Aug 2019 10:32 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Potongan adegan di film A Star is Born yang dibintangi Lady Gaga dan Bradley Cooper.

Potongan adegan di film A Star is Born yang dibintangi Lady Gaga dan Bradley Cooper.

Foto: Neal Preston/Warner Bros via AP
Lady Gaga dituduh mencuri karya orang lain untuk melodi lagu Shallow.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Penyanyi lady gaga membantah tuduhan dirinya mencuri karya orang lain untuk melodi " shallow ". Belum lama ini, penulis lagu Steve Ronsen melayangkan gugatan jutaan dolar AS yang mengklaim Gaga menyontek tembang miliknya.

Ronsen secara spesifik mengatakan Gaga mengambil secuplik alunan dari lagu "Almost" yang dia unggah via SoundCloud pada 2012. Dia menuduh Gaga memodifikasi tiga rangkaian not "G-A-B" itu ke salah satu bagian lagu "Shallow".

Sang musisi merupakan penyanyi utama, penulis lagu, dan gitaris band Nashville. Dia mengajukan gugatan terhadap Gaga bersama pengacara Mark D Shirian dan mengancam akan mengumumkan klaim secara resmi ke publik.

Pengacara Shirian semula berupaya menyelesaikan masalah secara damai beberapa bulan silam. Kantor kuasa hukumnya memberikan laporan resmi dari pakar musik tentang adanya kesamaan tempo, melodi, ritme, dan harmoni.

"Tim Lady Gaga belum memberikan laporan musikologis yang berlawanan kepada kantor saya, yang telah kami minta beberapa kali," ungkap Shirian, seperti dikutip dari laman Page Six.

Gaga yang sembilan kali mendapat penghargaan Grammy menanggapi gugatan itu dengan menyewa jasa kuasa hukum Orin Snyder. Pengacara asal New York itu mengatakan kemiripan di sebagian kecil lagu adalah hal lazim dalam karya musik sejak berabad-abad lalu.

Dia mencontohkan, sebagian nada yang dituduhkan telah dicuri juga dapat didengar pada sebagian lagu "Dust In The Wind" dari grup musik Kansas rilisan 1978. Snyder malah menuding Ronsen dan pengacaranya berusaha mendapatkan uang dari musisi sukses.

"Itu memalukan dan salah. Saya memuji Lady Gaga karena memiliki keberanian dan integritas untuk melawan klaim tersebut. Jika Shirian melanjutkan kasus ini, Lady Gaga akan berjuang dan menang," kata Snyder.

Gaga menciptakan lagu "Shallow" bersama produser Mark Ronson, dengan melodi awal yang dia gubah pada 2016. Lantas, dia merekam lagu pada 2018, berduet dengan Bradley Cooper. "Shallow" menjadi lagu tema utama film a star is born .

Tembang dengan makna mendalam itu memenangkan lagu orisinal terbaik di ajang Oscar. "Shallow" telah diputar sekitar 200 juta kali di AS, menjadi lagu penyanyi perempuan yang paling lama berada di puncak tangga lagu.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA