Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Perankan Minke, Iqbaal Tiga Bulan Belajar Bahasa Belanda

Sabtu 10 Agu 2019 14:06 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Hasanul Rizqa

Iqbaal Ramadhan

Iqbaal Ramadhan

Foto: Republika/Santi Sopia
Iqbaal harus berjuang pelajari bahasa Belanda agar bisa total berperan sebagai Minke

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemeran Minke dalam film Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan, mengaku sempat belajar bahasa Belanda selama tiga bulan. Ini agar dirinya bisa memerankan tokoh Minke dengan baik. Seperti diketahui, film tersebut diangkat dari novel karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer. Di dalamnya, memang banyak adegan di mana Minke dan para tokoh cerita berbicara dengan bahasa Belanda.

Baca Juga

Iqbal mengaku, dirinya belum memiliki dasar sama sekali untuk berbicara bahasa Belanda. Namun, dalam proses penggarapan film, ada peran seorang bernama Kirin, yang menjadi guru bahasa Belanda bagi Iqbal, Mawar Eva de Jongh (pemeran Annelies), dan aktor-aktor peran lainnya.

"Enggak ada basic sama sekali (bicara bahasa Belanda). Jadi, selama tiga bulan itu setiap habis reading kita ada workshop bahasa Belanda. Kita juga merekam voice note soal pelafalannya. Jadi di rumah, saya pribadi dengerin terus," kata Iqbaal saat menggelar konferensi pers di Hotel Majapahit Surabaya, Sabtu (10/8) dini hari.

Diakuinya, dirinya tidak memiliki dasar sama sekali untuk berbicara bahasa Belanda. Karena itu, Iqbaal mengaku sempat kesulitan. Dari segi pelafalan, bahasa Belanda menurut dia cukup rumit. "Saya dengerin terus, sampai kebawa mimpi kali. Itu aslinya belibet-belibet juga. Tapi kalau di film kelihatannya jago," ujar Iqbal.

Sementara itu, Mawar Eva de Jongh juga mengakui hal serupa. Dirinya tidak memiliki dasar sama sekali untuk berbicara bahasa Belanda. Sama seperti Iqbaal, Mawar juga memanfaatkan tiga bulan belajar bahasa Belanda dari Kirin. Ini agar dirinya bisa berperan dengan total dalam film yang disutradarai Hanung Bramantyo tersebut.

"Sama saya juga enggak bisa bahasa Belanda. Tapi kita punya guru bahasa Belanda yaitu Kirin. Jadi selama tiga bulan kita belajar bahasa Belanda dan itu sulit sekali," ujar Mawar.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA