Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Fan the Beatles Peringati 50 Tahun Foto Ikonis Abbey Road

Senin 12 Aug 2019 02:27 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani

Foto cover album The Beatles 'Abbey Road' yang termasyhur itu.

Foto cover album The Beatles 'Abbey Road' yang termasyhur itu.

Foto: telegraph.co.uk
Beberapa penggemar meniru pose personel the Beatles saat menyeberang Abbey Road.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Banyak penggemar memperingati 50 tahun pemotretan sampul album ke-11 The Beatles di Abbey Road, London, Inggris. Bahkan, beberapa di antara mereka ada yang menirukan pose gaya ikonis dari empat personel band tersebut.

“Saya bertemu orang-orang dari Argentina, Italia, Spanyol, Brasil, Jerman, Australia, dan Selandia Baru, dan itu adalah hadiah terbesar mereka (the Beatles). Di sini tidak ada yang peduli tentang agama atau warna kulit orang, yang ingin mereka lakukan hanyalah berbicara tentang musik," ujar Patrick Bourke, salah satu penggemar band tersebut.

Untuk merayakan momen tersebut, dirilis sebuah sampul istimewa album Abbey Road yang berisi 17 lagu dari 23 sesi rekaman. Serta demo yang akan dirilis pada 27 September 2019 oleh Apple Corps/Capitol/UMe.

Iain Macmillan, fotografer foto ikonis tersebut menceritakan bahwa pemotretan itu dirilis pada 26 September 1969. Ia tak menyangka, foto dari John Lennon, Paul McCartney, George Harisson, dan Ringo Star itu akan menjadi fenomenal seperti sekarang.

Dalam foto tersebut memperlihatkan Lennon dalam balutan jas putih berada paling depan. Starr memakai jas hitam, sementara McCartney bertelanjang kaki sambil memegang rokok.

Sedangkan, George Harrison memakai denim biru. Di mana sebuah Volkswagen Beetle terparkir di belakangnya. Adapun, lokasi pemotretan berada tepat di luar studio rekaman EMI, tempat mereka membuat album tersebut pada 1969.

Mcmillan mengatakan, ide awal dari foto itu datang dari McCartney. Saat ditanya mengapa sang musisi tidak memakai alas kaki, ia menjawab, "Cuacanya panas".

Namun, mantan eksekutif Apple Records, Tony Bramwell, mengaku tak menyangka Abbey Road akan jadi peluncuran terakhir dari the Beatles. Kurang dari setahun sejak album tersebut dirilis, the Beatles bubar dan karir musiknya yanh selama satu dekade yang mengubah dunia musik populer.

Abbey Road pun dinobatkan menjadi album terbaik the Beatles oleh pembaca Rolling Stone pada 2009. Di mana satu-satunya album the Beatles yang tidak menampilkan nama band atau judul di sampulnya.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA