Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Gundala Dipilih Menjadi Pembuka Jagat Sinema BumiLangit

Selasa 13 Aug 2019 11:13 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda

 Poster resmi film Gundala

Poster resmi film Gundala

Foto: Dok. Screenplay Films
Film Gundala karya Joko Anwar akan tayang pada 29 Agustus di bioskop Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Penikmat film layar lebar Indonesia banyak yang menantikan film Gundala. Film besutan sutradara Joko Anwar ini akan rilis pada 29 Agustus 2019.

Gundala diangkat ke layar lebar berdasarkan pada cerita karakter pahlawan super Indonesia bernama serupa pada 1969. Komik Gundala dibuat oleh Harya Suraminata (Hasmi).

Film yang diproduksi oleh Screenplay Films, Legacy Pictures, bersama pemilik hak cipta Gundala, Bumilangit Studios, ini akan bercerita tentang Sancaka (Abimana Aryasatya) yang telah hidup di jalanan sejak orang tuanya meninggalkannya. Menjalani kehidupan yang berat, Sancaka bertahan hidup dengan memikirkan keselamatannya sendiri.

Ketika keadaan kota makin buruk dan ketidakadilan berkecamuk di seluruh negara, Sancaka harus memutuskan, apakah dia terus hidup menjaga dirinya sendiri atau bangkit menjadi pahlawan mereka yang tertindas.

Dalam bincang-bincang film Gundala di acara Gramedia Writers and Reader Forum (GWRF) 2019 beberapa waktu lalu, Gundala disebut akan membuka jagat baru jagoan Indonesia ke layar lebar, yakni Jagat Sinema BumiLangit. Ternyata ada alasan dibalik terpilihnya karakter Gundala sebagai pembuka Jagat Sinema BumiLangit.

Production Manager BumiLangit Studios, Imansyah Lubis mengungkapkan Gundala merupakan salah satu jagoan milik BumiLangit yang paling terkenal dari dulu hingga saat ini. Ia menuturkan bisa jadi orang tidak tahu sosoknya seperti apa, tidak membaca komiknya, dan tidak menonton film Gundala Putra Petir (1981), namun nama Gundala menjadi peninggalan yang membekas dari dulu hingga saat ini.

Menurut Imansyah, Gundala sudah identik dengan jagoan Tanah Air. “Gundala kerap muncul di judul-judul komik lainnya dan teman-teman jagoan lainnya juga sering muncul di komiknya. Jadi dengan pertimbangan ini, Gundala dirasa paling populer, dianggap cocok untuk membuka jagat BumiLangit ini,” ujar Imansyah.

Menariknya, BumiLangit Studios sudah menyiapkan tiga kejutan lainnya, yakni terbitnya komik Webtoon Gundala: Son of Lightning, komik Gundala Remastered, dan komik Gundala The Official Movie Adaptation.

Gundala The Official Movie Adaptation ini menambah informasi yang telah muncul di film, serta melengkapi pengalaman kisah Sancaka sebagai Gundala yang harus berhadapan dengan Pengkor di setiap aksinya.

Komik yang terbit 4 September 2019 ini digarap oleh Oyasujiwo sebagai penulis, mengadaptasi naskah film Joko Anwar. Gundala The Official Movie Adaptation ini digambar oleh seorang komikus Indonesia yang telah terlibat di banyak proyek komik internasional, Ardian Syaf.

"Ada varian cover kalau beli di toko buku, sama beli di bioskop beda," katanya membuka sedikit rahasia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA