Selasa, 19 Zulhijjah 1440 / 20 Agustus 2019

Selasa, 19 Zulhijjah 1440 / 20 Agustus 2019

Sri Sultan Terkesan dengan Kedalaman Nilai Bumi Manusia

Rabu 14 Agu 2019 06:23 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Para pemeran film Bumi Manusia Ayu Laksmi (kiri), Mawar Eva de Jongh (kedua kiri), Jerome Kurniawan (kedua kanan), dan Bryan Domani memberikan keterangan saat berkunjung di Kantor Berita Antara, Wisma Antara, Jakarta, Rabu (31/7/2019).

Para pemeran film Bumi Manusia Ayu Laksmi (kiri), Mawar Eva de Jongh (kedua kiri), Jerome Kurniawan (kedua kanan), dan Bryan Domani memberikan keterangan saat berkunjung di Kantor Berita Antara, Wisma Antara, Jakarta, Rabu (31/7/2019).

Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Sri Sultan menghadiri gala premiere Bumi Manusia pada Selasa (13/8) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X terkesan dengan kedalaman nilai dalam film Bumi Manusia. Sultan menyaksikan film yang diadaptasi dari Novel Pramoedya Ananta Toer itu di Yogyakarta pada Selasa (13/8) malam.

Baca Juga

"Kalau filmnya itu cerita dari Pramoedya, ya jelas itu yang bisa kita nikmati. Kesan saya bagaimana cerita itu bukan bicara klimaks, seperti cerita yang lain, tetapi kedalaman values (nilai)," kata Sultan.

Menurut Sultan, film besutan Sutradara Hanung Bramantyo itu mampu menyajikan potret detail bagaimana seseorang dahulu membuat tatanan atau aturan hukum, bagaimana menghargai orang berdasarkan kulitnya, bagaimana penjajahan dan yang dijajah, hingga gambaran bagaimana tidak adanya hukum yang memberikan adil.

"Jadi memang itu kompleks sekali, tapi di situlah kita bisa paham. Bagaimana arti penjajahan itu dan bagaimana arti kehidupan yang keadilan itu ditafsirkan sendiri-sendiri tanpa ada kepastian," kata Raja Keraton Ngayogyakarta ini.

Lebih dari itu, menurut Sultan, film berdurasi tiga jam itu juga mampu menuntun para penonton memiliki kesadaran akan pentingnya membangun persaudaraan, pertemanan, serta menghargai sesama. Sultan menghadiri gala premiere film Bumi Manusia di Empire XXI, Yogyakarta, Selasa malam, didampingi istri, GKR Hemas. Hadir pula para pemeran, yakni Mawar de Jongh, Ine Febrianti, Donny Damara, serta sutradara Hanung Bramantyo.

"Suatu kehormatan buat kami semua, buat saya terutama karena baru kali ini film saya ditonton bersama beliau (Sultan HB X) dan ini membuktikan bahwa beliau memberikan apresiasi yang cukup besar terhadap karya pak Pramoedya Ananta Toer," kata Hanung.

Bagi Hanung, yang terpenting film garapannya tersebut bisa selesai dan bisa dinikmati masyarakat pada tahun ini. "Buat saya film ini bisa selesai, bisa dinikmati dan bisa dianggap film yang tidak mencederai novelnya saja sudah cukup. Yang lain seperti berapa jumlah penonton, itu bonus," kata dia.

Film Bumi Manusia yang akan tayang pada 15 Agustus 2019 itu dibintangi Iqbaal Ramadhan sebagai Minke dan Mawar Eva de Jongh sebagai Annelies.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA