Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Asma Nadia dan Warna Pictures akan Rilis Film Hayya

Rabu 14 Aug 2019 17:41 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Christiyaningsih

Ustaz Erick Yusuf dan Asma Nadia saat berbincang tentang film baru yang akan launching September mendatang di Republika, Rabu (14/8).

Ustaz Erick Yusuf dan Asma Nadia saat berbincang tentang film baru yang akan launching September mendatang di Republika, Rabu (14/8).

Foto: Republika/Elba Damhuri
Asma Nadia mengatakan film Hayya mengusung tema tentang kemanusiaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penulis Asma Nadia memperkenalkan film bergenre drama yang dikemas dalam nuansa Islami berjudul Hayya. Film yang digarap oleh rumah produksi Warna Pictures ini diarahkan oleh sineas Jastis Arimba yang menjadi sutradara sekaligus produser.

Baca Juga

Saat berkunjung ke Republika pada Rabu (14/8), Asma mengatakan film Hayya mengusung tema tentang kemanusiaan, kemerdekaan, dan kerelawanan. Ia mengatakan isu Palestina diangkat di film ini karena dalam sejarahnya Palestina merupakan bangsa pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, Palestina juga merupakan rumah bagi Baitul Maqdis dan Al Aqsa yang menjadi kiblat pertama umat Islam. "Ini salah satu upaya kita menolak lupa bahwa saat kita membutuhkan dukungan, bangsa Palestina berdiri untuk Indonesia. Mudah-mudahan lewat film ini kita bisa mengajak masyarakat Indonesia bersatu untuk Palestina," kata Asma.

Dia menuturkan film ini juga menampilkan scene terkait kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus. Selain itu, menurutnya film ini juga mengangkat hal-hal lain seperti simbol kemandirian. Anak-anak muda berdiri di kaki sendiri dan mencoba berbuat menjadi generasi yang berkontribusi terhadap kebaikan.

Menurutnya, ada banyak inspirasi dari film Hayya. Tidak hanya menampilkan nilai-nilai kemanusiaan dan semangat kepedulian, film ini dikatakannya juga memberikan nilai edukasi dan mengangkat soal parenting. "Jadi ada tiga kata besar dari film ini yaitu love, life, and humanity," ujarnya.

Nama Hayya menurutnya identik dengan Palestina. Ia mengatakan nama Hayya diciptakan khusus oleh Justis untuk film ini. Dalam bahasa Arab, kata Hayya berarti 'ajakan'. Di film ini, Hayya merupakan sosok anak kecil Palestina yang diperankan oleh aktris cilik pendatang baru, Amna Hasanah Sahab.

Asma mengatakan film Hayya adalah karya kedua Warna Pictures setelah sebelumnya merilis 212:The Power of Love pada Mei 2018 lalu. Film ini dibuat dari kolaborasi sejumlah produser di antaranya Asma Nadia, Ustaz Erick Yusuf, Imam T Saptono, Oki Setiana Dewi dan suami, serta Helvy Tiana Rosa.

Ada sejumlah tokoh yang memerankan film ini. Di antaranya Fauzi Baadila, Adhin Abdul Hakim, Meyda Safira, Hamas Syahid, dan Fajar Lubis. Asma Nadia juga ikut berakting dalam film ini. Untuk menarik kaum milenial, Hayya juga menggandeng Youtuber Ria Ricis.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA