Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Riri Riza: Era 90-an adalah Tahun yang Menarik

Kamis 15 Aug 2019 13:12 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih

Peluncuran official poster dan trailer film BEBAS di CGV FX Sudirman Jakarta, Rabu (14/8)

Peluncuran official poster dan trailer film BEBAS di CGV FX Sudirman Jakarta, Rabu (14/8)

Foto: Republika/Noer Qomariah Kusumawardhani
Film baru Riri Riza dan Mira Lesmana berjudul Bebas mengambil latar era 90-an

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Riri Riza dan Mira Lesmana akan segera merilis karya terbarunya yakni film berjudul Bebas. Film ini mengambil latar waktu era 90-an.

Film Bebas mengisahkan persahabatan enam orang remaja Jakarta yang terpisahkan selama 23 tahun. Bebas akan menggambarkan kota Jakarta di era 1995 hingga 1996 dan Jakarta saat 2019.

Menurut sutradara Riri Riza, era 1990-an merupakan periode penting. Di era itu banyak terjadi perubahan di Indonesia sehingga membuat peninggalan era tersebut menjadi nostalgia bersama bagi semua generasi. Bahkan untuk mereka yang lahir pascaera 90-an.

"Tahun 90-an itu tahun yang menarik dan sebenarnya film Indonesia yang betul-betul berfokus menggambarkan emosi di masa itu juga belum banyak sih seingat saya," ujar Riri dalam acara peluncuran official poster dan trailer film Bebas, Rabu (14/8).

Di era 90-an, perilaku, kalimat yang diucapkan, dan kata-katanya sangat spesifik. Begitu juga dengan kode visual dan lagu-lagunya. Indonesia kemudian memasuki masa kerusuhan pada 1996 dan masa reformasi pada 1997. Tahun tersebut merupakan waktu-waktu penuh dinamika buat Riri dan Mira.

Dalam rentang waktu tersebut mereka mulai lulus dari sekolah film, ingin membuat film, dan berpikir tentang film apa yang akan dibuat. "Prosesnya (film Bebas) kemudian keinginannya jadi 90-an. Sebenarnya bisa saja ceritanya kami setting 2000-an dan sekarang, tapi kita memilih waktu Iwa K baru keluar dan gayanya wow," katanya.

Selain itu, Mira Lesmana mengungkapkan 1995 memang tahun pertama kali mencari kebebasan untuk film Indonesia dengan memproduksi film secara underground yakni Kuldesak. "Jadi buat kami 1995 sangat-sangat berarti," ujar Mira.

Film produksi Miles Films dan CJ Entertainment bekerja sama dengan Ideosource Entertainment dan BASE Entertainment ini telah memiliki official poster dan trailer. Bebas akan dirilis pada 3 Oktober.

Melalui trailernya, film Bebas menampilkan para pemeran seperti Maizura, Marsha Timothy, Sheryl Sheinafoa, Baim Wong, dan Agatha Pricilla. Ada juga Lutesha, Zulfa Maharani, Baskara Mahendra, Susan Bachtiar, Indy Barends dan Widi Mulia.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA