Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Lay EXO Putuskan Kontrak dengan Samsung

Jumat 16 Aug 2019 22:45 WIB

Rep: Kiki Safitri (cek n ricek)/ Red: Kiki Safitri (cek n ricek)

Foto: Soompi

Foto: Soompi

Lay EXO telah mengakhiri kontraknya dengan Samsung Electronics, Rabu (13/8).

Lay EXO telah mengakhiri kontraknya dengan Samsung Electronics, Rabu (13/8). Langkah itu ditempuh seiring makin banyaknya kontroversi mengenai merek asing yang tidak mematuhi "One China Policy". 

Lay mengumumkan melalui pernyataan di Weibo, mereka telah melihat semua merek yang diperagakan dimana Samsung Electronis tidak mematuhi kebijakan tersebut. Atas hal itu, Lay memutuskan kontrak pemodelannya dengan perusahaan.

“Samsung Electronics yang menjadikan Lay model memiliki definisi negara dan wilayah yang tidak jelas. Ini menjadi ambigu mengenai integritas kedaulatan dan wilayah kita. Ini sangat melukai perasaan nasional rekan-rekan China. Kami menyatakan penyesalan kami dan menyatakan bahwa kami tidak bisa mentolerir ini," ungkap Lay.

Baca Juga: EXO-SC Pecahkan Rekor Viewer Terbanyak di Weibo

Lay juga menuai kritik karena ia masih mempertahankan kontraknya dengan Calvin Klein. Calvin Klein juga masuk dalam perusahaan yang dikecam karena menggambarkan Hong Kong sebagai negara merdeka.

Brand fashion, Versace juga turut meminta maaf menyusul kritik bahwa merek tersebut menjual kaos yang menyiratkan bahwa Hong Kong dan Makau adalah wilayah independen. Alhasil, aktris Yang Mi mengakhiri kontraknya dengan Versace atas insiden itu. 

Perusahaan lain juga turut meminta maaf terkait deskripsi serupa tentang Hong Kong sebagai negara merdeka termasuk Coach dan Swarovski.

Baru-baru ini di Tiongkok, beberapa perusahaan asing berada di bawah pengawasan terkait cara mereka membangun image produk China dan wilayahnya. Ini menyusul ketegangan antara Cina dan Hong Kong karena kerusuhan besar meningkatkan kekhawatiran China dalam rangka meningkatkan pengaruh di Hong Kong. 

Dilaporkan, beberapa orang di China mencari tahu mengenai perusahaan global seperti merek fashion populer untuk melihat bagaimana mereka menggambarkan China, Taiwan, Hong Kong, dan Makau.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA