Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Kareem Abdul-Jabar Anggap Sutradara Ceroboh Soal Bruce Lee

Senin 19 Aug 2019 13:16 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Reiny Dwinanda

Aktor Mike Moh berperan sebagai Bruce Lee dalam film Once Upon a Time in Hollywood.

Aktor Mike Moh berperan sebagai Bruce Lee dalam film Once Upon a Time in Hollywood.

Foto: Twitter/!onceinhollywood
Bruce Lee digambarkan sebagai sosok yang lemah dalam film arahan Quentin Tarantino.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA — Aktor dan mantan atlet NBA, Kareem Abdul-Jabbar, turut angkat bicara tentang penggambaran sosok Bruce Lee dalam Once Upon a Time in Hollywood. Kareem kecewa karena teman dekat yang pernah mengajarinya seni bela diri itu digambarkan sebagai sosok yang lemah, tetapi sombong dalam film garapan sutradara Quentin Tarantino tersebut.

Kareem yang juga seorang kolumnis Hollywood Reporter menilai bahwa Tarantino telah melakukan tindakan yang rasis dan ceroboh. Apalagi, Bruce Lee semasa hidupnya telah mewarnai industri film dunia sebagai aktor dan sutradara yang dibekali dengan kemahiran seni bela diri.

Baca Juga

"Meskipun kita tahu film ini adalah fiksi, tapi adegan-adegan itu akan terus hidup dalam kesan dan kesadaran budaya kita bersama. Hal ini pun bisa merusak ingatan kita tentang sosok orang tersebut,” kata Kareem.

Kareem menilai, itulah mengapa pembuat film memiliki tanggung jawab ketika bermain dengan persepsi orang tentang sosok bersejarah. Menurutnya, penggambaran Quentin Tarantino tentang Bruce Lee di Once Upon a Time di Hollywood tidak memenuhi standar ini.

"Tentu saja, Tarantino memiliki hak artistik untuk menggambarkan Bruce dengan cara apa pun yang diinginkannya, tetapi melakukannya dengan cara yang ceroboh dan agak rasis adalah kegagalan baik sebagai seniman maupun sebagai manusia," ujarnya.

Kareem merupakan sosok yang cukup kenal dekat dengan Bruce Lee. Saat mereka mengobrol, Bruce Lee sering membahas tentang kegelisahanya dalam representasi orang Asia yang kerap digambarkan di TV dan film.

Saat itu, orang Asia kerap digambarkan sebagai penjahat atau pesuruh. Stereotipe inilah yang hendak dilawan oleh Bruce Lee dengan penampilannya sebagai seorang yang mahir bela diri. Kemampuannya dalam bela diri pun jadi salah satu instrumen dan motivasi bagi mendiang Bruce Lee untuk terus melawan stereotipe itu.

“Bruce Lee mengenal dirinya sendiri dan dia tahu bahwa pertarungannya bukankah di atas ring. Pertarungan yang sesungguhnya bagi dia ada di dalam layar film untuk melawan stereotipe itu,” kata Kareem.

Once Upon a Time in Hollywood merupakan film drama komedi yang dirilis pertengahan tahun ini. Film tersebut dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Brad Pitt, Margot Robbie, Emile Hirsch, Margaret Qualley, Timothy Olyphant, Austin Butler, Dakota Fanning, Bruce Dern, dan Al Pacino.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA