Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Komunitas Pengusaha Muslim Trisakti Gelar Workshop Edukasi Pemahaman Fiqih Muamalah

Rabu 21 Aug 2019 08:16 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Edukasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan literasi tentang fiqih muamalah.

Komunitas Pengusaha Muslim Trisakti (KPMT) menggelar Workshop Edukasi Pemahaman Fiqih Muamalah, di Wisma Mandiri, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu (6/7).

Workshop yang didukung Bank Syariah Mandiri ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan literasi mengenai fiqih muamalah. Yakni, persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia dalam kaitannya dengan harta benda dalam bentuk transaksi-transaksi modern.

Edukasi dan pemahaman fiqih muamalah di tengah masyarakat menjadi sebuah urgensi untuk terwujudnya kemaslahatan yang berkeadilan. “Membicarakan tentang kemaslahatan bagi masyarakat merupakan suatu bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari upaya bagaimana memperluas pemahaman masyarakat tentang ekonomi syariah,” kata Ketua Umum Workshop Fiqih Muamalah, Mirah Hartikah.

Menurut Mirah, semakin banyak masyarakat yang berhijrah ke keuangan syariah, akan menjadi pondasi bagi bertumbuhnya peran ekonomi dan keuangan syariah bagi perekonomian domestik dan global.

"Membicarakan kemaslahatan umat adalah suatu cita-cita yang juga bisa diwujudkan melalui optimalisasi dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Sodaqoh, Wakaf) bagi masyarakat marjinal dan sumber dana pengembangan ekonomi produktif yang inklusif berkesinambungan," katanya.

Dikemas dalam bentuk workshop, edukasi pemahaman fiqih muamalah yang mengangkat tema “Perniagaan Dalam Islam”, tidak saja dihadiri oleh Alumni Trisakti, tetapi juga dari kalangan masyarakat umum. Workshop menghadirkan para nara sumber yang memiliki kompetensi dan pengalaman sebagai akademisi dan praktisi pada bidangnya masing-masing.

Zakat dalam perniagaan Islam juga menjadi materi yang dibahas dan bagaimana manfaatnya terhadap kemaslahatan umat menjadi tema yang menarik.

“KPMT, Insya Allah akan terus menyelenggarakan kegiatan serupa secara berkala dan berkesinambungan dengan topik-topik yang menarik dan dibutuhkan dan dengan narasumber yang kompeten,” ujar Mirah.

Melalui workshop tersebut diharapkan ilmu dan pengetahuan tentang bagaimana manfaat ekonomi dan keuangan syariah bagi para komunitas pengusaha dan individual, bisa menjangkau komunitas yang lebih luas lagi, dapat semakin berkembang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA