Jumat, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Jumat, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

11 Langkah Pedikur di Rumah

Kamis 22 Agu 2019 08:59 WIB

Rep: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)/ Red: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)

Sumber: Istimewa

Sumber: Istimewa

Tidak seperti kuku tangan, kuku kaki sering kali terabaikan keindahannya.

Tidak seperti kuku tangan, kuku kaki sering kali terabaikan keindahannya. Jika kuku tangan kelihatan mengilap dan memesona, sebaliknya dengan kuku kaki.

Berbagai kesibukan yang kerap menyita waktu membuat Anda tidak sempat memberikan perhatian yang lebih terhadap perawatan tubuh terutama di area kaki.

Meski tidak sempat ke salon, namun jangan khawatir. Anda sebetulnya bisa menyempatkan diri untuk melakukan pedikur di rumah dengan cara yang simpel dengan menggunakan berbagai bahan yang mudah didapatkan, tetapi hasil yang didapat layaknya spa di hotel bintang lima.

Pedikur di rumah juga relatif lebih higienis karena Anda tak harus menggunakan peralatan salon yang sebelumnya telah dipakai oleh orang lain, dan mungkin saja tidak melalui proses sanitasi ideal.

Simak langkah-langkah sederhananya berikut ini, seperti dikutip dari Harper’s Bazaar!

1. Sebelumnya, pastikan kuku Anda sudah bersih dari kuteks, aplikasi stiker, nail art, dan lain sebagainya. Setelah itu, kikir kuku untuk membentuknya sesuai yang Anda inginkan. 

2. Dengan bantuan gunting kuku, rapikan ujung-ujung kuku yang sudah terlihat terlampau panjang. Gunting bagian tepinya dengan bentuk lurus saja agar kuku kaki Anda tidak tumbuh ke dalam nantinya.

Namun, jika Anda ingin agar sudut-sudutnya melengkung atau berbentuk bundar, setelah dipotong gunakan alat pengikir kuku untuk membentuknya.

Yang perlu Anda ingat, jangan sekali-kali memotong kuku Anda terlalu pendek, karena justru dikhawatirkan malah akan tumbuh ke dalam dan menusuk area kulit sehingga membuat kulit di sekitar kuku menjadi terluka. Setelah itu, bersihkan bagian bawahnya secara perlahan-lahan dengan memakai manicure stick atau yang sering disebut pula orange stick.

Baca Juga: 4 Trik Mengindari Iritasi Saat Cukur Bulu Kaki 

3. Kemudian rendam kaki Anda di dalam baskom atau bak kecil berisikan air hangat yang sudah dicampur dengan kira-kira delapan sendok makan garam Epsom. Garam ini terbukti berkhasiat untuk meredakan pegal-pegal dan nyeri otot sekaligus melancarkan sirkulasi darah.

Sumber: Istimewa

Anda juga bisa menambahkan potongan jeruk lemon dan daun mint untuk mendapatkan efek yang lebih menyegarkan. Atau, bila Anda ingin permukaan kaki jadi lebih halus, tuangkan saja beberapa sendok makan soda kue yang berfungsi untuk melembutkan permukaan kulit.

4. Rendam kedua kaki Anda sampai kira-kira 20 menit. Hal ini bisa Anda lakukan sambil membaca majalah kesayangan maupun mendengarkan musik yang bisa mendukung relaksasi Anda.

5. Setelah 20 menit, gosok bagian kaki yang terasa kapalan dengan mengenakan pumice. Jangan melakukannya dengan memakai silet hanya demi menipiskan kulit di area tumit jika tak ingin memperbesar risiko infeksi. 

Sumber: Istimewa

6. Untuk mengatasi kaki yang tampak kusam, gosokkan scrub favorit Anda guna mengenyahkan sel-sel mati sekaligus mempercepat regenerasi kulit baru agar kaki makin mulus dalam sekejap mata. Ingin scrub yang alami? Campurkan saja madu dan gula pasir hingga membentuk pasta kental sebelum dibalurkan ke kulit.

7. Basuh sisa-sisa kotoran yang sudah terangkat hingga bersih kesat.

8. Lap kaki dengan menggunakan handuk sampai benar-benar kering. 

9. Anda bisa menggunakan masker khusus kaki yang berfungsi untuk memberikan hidrasi secara menyeluruh. Saat ini, dipasaran sudah banyak dijual produk foot mask yang mampu memicu eksfoliasi dan menjanjikan kaki Anda bisa sehalus sutra hanya dalam satu kali pemakaian saja!

Baca Juga: 5 Bahan Alami Membuat Kuku Jadi Indah

10. Oles cuticle oil atau petroleumjelly pada kutikula Anda. Ini berguna untuk melindungi kuku Anda dari serangan infeksi. Jadi, hindari memotong ataupun mendorongnya secara paksa agar kuman-kuman tak masuk ke dalam. 

Sumber: Istimewa

11. Terakhir, jangan lupa untuk melembapkan kaki dengan memakai losion atau krim kesayangan Anda. Supaya hasilnya semakin optimal, usapkan pelembap berformulasi shea butter ataupun minyak kelapa seraya memijat kaki dengan sedikit menekan-nekan area yang terasa pegal.

Untuk mendapatkan sensasi yang berbeda, Anda bisa menambahkan beberapa tetes essential oil berekstrak pepermint guna menutupi kemungkinan munculnya bau kaki. Atau, baurkan minyak esensial dengan sari lavender untuk menambah kelembutannya.

BACA JUGA: Cek HEADLINE Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA