Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Pelabuhan Sanur akan Dibangun Dengan APBN

Sabtu 27 Jul 2019 05:45 WIB

Red: Friska Yolanda

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kiri) didampingi Gubernur Bali Wayan Koster (ketiga kiri) meninjau lokasi rencana pembangunan Dermaga Penyeberangan Sanur di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (26/7/2019).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kiri) didampingi Gubernur Bali Wayan Koster (ketiga kiri) meninjau lokasi rencana pembangunan Dermaga Penyeberangan Sanur di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (26/7/2019).

Foto: Antara/Fikri Yusuf
Untuk infrastruktur tambahan di Pelabuhan Sanur, dananya berasal dari KPBU.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan infrastruktur dasar dalam proyek dermaga penyeberangan di Sanur, Nusa Penida, dan Nusa Lembongan, Bali, akan menggunakan dana bersumber dari APBN. Saat ini, pemerintah tengah melakukan finalisasi desain pelabuhan tersebut.

Baca Juga

"Akan ada dana APBN yang kita berikan pada (proyek dermaga) di Sanur untuk pembangunan infrastruktur dasar," ujar Budi Karya Sumadi di Bandara Ngurah Rai, Bali pada Jumat (26/7).

Ia menambahkan untuk infrastruktur dasar dalam proyek dermaga penyeberangan di Nusa Penida dan Nusa Lembongan juga akan menggunakan APBN. Berdasarkan hasil peninjauan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, sarana infrastuktur itu memang dibutuhkan di kedua pulau tersebut.

Sedangkan untuk pembangunan infrastruktur tambahan dalam proyek dermaga penyeberangan ini, akan dilakukan dengan skema pembiayaan kerja sama pemerintah dengan badan usaha atau KPBU agar lebih profesional. Nantinya, Menhub ingin pembangunan dermaga penyeberangan itu seperti bandara di Labuan Bajo yang mengundang investor dari berbagai negara, agar berstandar internasional.

"Di sini saya memperkirakan (nilai investasinya) minimal Rp 300 miliar sampai dengan Rp 500 miliar," kata Budi Karya Sumadi.

Pembangunan dermaga penyeberangan di ketiga lokasi itu diharapkan selesai pada tahun 2021. 

Rencana pengembangan kawasan dermaga penyeberangan di Sanur akan terdiri dari rencana pembangunan area pejalan kaki, pengembangan ruang hijau, bangunan service kapal dan pengembangan gedung parkir. Selain itu pengembangan kawasan dermaga penyeberangan itu juga akan meliputi rencana pembangunan terminal pelabuhan, pemecah ombak, stasiun dan jalur autonomous rail rapid transit (ART) serta rencana pengembangan lahan jangka panjang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melaksanakan kunjungan kerja ke Pulau Bali pada Jumat (26/7) untuk meninjau sejumlah proyek infrastruktur transportasi sebagai pendukung sektor pariwisata di Bali. Menhub meninjau sejumlah proyek seperti proyek pengembangan Dermaga Penyeberangan Sanur, proyek Dermaga Cruise di Tanah Ampo dan rencana pembangunan bandara di Bali Utara.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA