Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

5 Cara Mengatasi Gejala Psoriasis

Senin 02 Sep 2019 11:20 WIB

Rep: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)/ Red: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)

Foto: Pinterest

Foto: Pinterest

Gejala psoriasis berupa bercak merah, kulit bersisik, dan tebal.

Cuaca panas, udara kering, dan paparan sinar matahari berlebih bisa menimbulkan gejala psoriasis , berupa bercak merah, kulit bersisik dan tebal.

Perubahan kulit tersebut terjadi karena gangguan imun. Untuk menjaga kesehatan kulit saat cuaca panas dari gejala psoriasis, cara berikut ini bisa Anda coba di rumah.

Menjaga kelembapan kulit

Penderita psoriasis akan mengalami kemerahan, gatal, dan kulit kering. Cara yang paling sederhana mengatasi kondisi tersebut dengan menjaga kelembapan kulit, seperti mengoleskan krim atau salep khusus yang tidak memiliki kandungan pewangi atau alkohol. Gunakan produk tersebut sehabis mandi, mencuci tangan, dan membersihkan muka.

Jangan menggaruk kulit gatal

Untuk mengatasi psoriasis jangan menggaruk kulit yang gatal karena dapat membuat kulit terluka dan mengelupas. Begitu juga pada kulit kepala.

Baca Juga: Penyakit Kulit Kim Kardashian Makin Parah

Bila terasa gatal cobalah oleskan krim yang mengandung asam salisilat. Asam salisilat mampu melembutkan bercak pada kulit yang terasa gatal. Namun ingat jangan digunakan secara berlebihan atau terlalu lama.

Gunakan pakaian berbahan ringan

Dalam cuaca panas, ada baiknya menghindari pakaian tebal atau ketat karena akan memerangkap panas dalam kulit. Gunakan pakaian berbahan ringan seperti katun atau linen yang tidak menghasilkan keringat berlebih dan membuat kulit tetap bernafas dengan baik.

Batasi waktu untuk terkena sinar matahari

Sinar matahari memang bermanfaat untuk penderita gejala psoriasis karena dapat meredakan. Namun jangan terlalu lama terkena sinar matahari malah akan membuat kulit Anda jadi terbakar. Kenakanlah tabir surya setiap Anda bepergian ke luar saat cuaca panas.

Hindari stres berlebih

Cara terakhir yang bisa Anda coba adalah menghindari stres yang berlebih. Stres membuat sistem kekebalan tubuh melepaskan lebih banyak senyawa kimia yang memicu peradangan yang dapat menyerang berbagai bagian tubuh, tak terkecuali kulit.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Update Berita Film dan Musik Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA