Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

9 Cara Merawat Kucing Kesayangan

Rabu 05 Sep 2018 01:41 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Sudah punya kucing dan ingin lebih perhatian dengannya? Yuk simak cara merawat kucing kesayangan Anda.

Sudah punya kucing dan ingin lebih perhatian dengannya? Yuk simak cara merawat kucing kesayangan Anda.

Pahami Kebutuhan dan Asupan Gizi Kucing

Anak kucing membutuhkan asupan makanan dua kali lebih besar dibandingkan kucing dewasa. Sayangnya, mereka belum bisa mencari makanan sendiri. Biarpun dia butuh makanan yang lebih banyak, bukan berarti Anda harus memberinya makanan yang lebih banyak. Anak kucing masih akan menyusu dari induknya.

Anda bisa memberikan makanan kucing setiap harinya. Untuk lebih pastinya, Anda harus memberikan makanan kucing dengan kualitas baik sebanyak empat kali sehari. Dengan makanan yang baik, badan dan bulu kucing akan lebih bagus.

Hanya Memberikan Makanan Kucing

Bukan satu kali, masih banyak orang yang memberikan makanan anjing untuk kucing. Kadang orang melakukan ini untuk menghemat pengeluaran saat memelihara kucing dan anjing bersamaan. Sayangnya hal tersebut tidak dibenarkan.

Makanan anjing tidak memiliki kandungan taurin. Kandungan ini dibutuhkan kucing untuk mencegah penyakit jantung dan penglihatan kabur.

Kucing Merupakan Hewan Karnivora

Anda harus tahu kucing itu hewan pemakan daging. Sebaiknya, Anda  memberikan makanan yang berasal dari daging hewan, seperti ayam, sapi, dan ikan. Dijamin kucing kesayangan Anda akan lebih lahap makannya. Anda tetap harus memasak dagingnya dulu ya guna menghilangkan bakteri pada daging mentah.

Hindari memberikan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Tumbuhan atau jenis sayur-mayur akan sulit dicerna oleh kucing. Selain itu, memberikan kucing sayur dan nasi akan buat kotorannya lebih bau dibanding kucing yang makan daging.

Mandikan Kucing Secara Teratur

Lama-kelamaan, kucing akan menimbulkan bau yang tak sedap. Selain itu, bulunya juga bisa rontok dan bikin kucing jadi tidak sehat. Sudah sewajarnya Anda mandikan kucing kesayangan dengan air dingin, ya. Hindari penggunaan air hangat apalagi panas karena bisa buat bulunya rusak dan rontok. Untuk membuatnya semakin wangi, semprotkan mewangian khusus kucing, ya!

Sikat Bulu Kucing

Kucing sebenarnya bisa sendiri menggosok tubuhnya karena dia termasuk hewan yang mandiri. Namun, sebaiknya Anda juga memanjakan kucing peliharaan dengan sebuah usapan manja. Sikat bulu kucing dengan sisir khusus sesekali saat sedang berada di dekat Anda.

Baca Juga: 8 Manfaat Memelihara Kucing

Buat kucing yang punya bulu tebal, Anda butuh menyikat dan menyisirnya lebih sering lagi. Cara ini bikin kucing lebih nyaman. Selain itu, menyikatnya bisa menghilangkan rambut mati dan kuman yang ada di dalam bulunya.

Ajak Kucing Kamu Main di Luar Rumah

Membiarkannya ada di dalam ruangan setiap hari akan buat kucing bosan. Untuk merawat kucing, Anda juga perlu mengajaknya main ke luar rumah. Sekadar jalan-jalan keliling komplek rumah atau mengajaknya pergi lebih jauh lagi pasti cukup buat kucing senang.

Kalau memang sulit untuk mengajak kucing jalan-jalan, cobalan main lebih sering dengan kucing di rumah. Pilih mainan kucing yang bisa bikin dia bergerak aktif.

Ajarkan Kucing Sebuah Kebiasaan

Setelah kucing berusia satu bulan, induk kucing akan membiarkan anaknya untuk membersihkan dirinya sendiri, termasuk buang kotoran dan pipis. Hal ini juga yang harus diajarkan. Anda bisa memberitahukan kucing untuk buang kotoran di tempat yang tepat ya. Jangan lupa untuk memberikan litter box di sudut ruangan tempat kucing bermain ya.

Jangan cuma ajarkan untuk buang kotoran, ya. Anda juga harus sediakan tempat makan dan minum khususnya. Jadi, dia tidak makan di sembarang tempat. Selain itu, berikan juga tempat tidur dan kasih tahu di sanalah wilayah kekuasaannya.

Berikan Peringatan Kepada Kucing Saat Berperilaku Buruk

Bukan cuma manusia yang harus diberikan ketegasan. Hewan peliharaan juga perlu diberi peringatan saat dia bersikap buruk. Pastinya bukan sekali Anda akan dicakar atau digigit oleh kucing kesayangan. Saat itulah berikan satu kata tegas kepadanya.

Memang kucing tidak akan langsung mengerti. Berikan juga usapan lembut di kepalanya guna memberi tahu kalau Anda tetap menyayanginya. Jika dilakukan terus-menerus, kucing kesayangan akan mengerti, kok.

Membersihkan dan Merawat Kesehatan Kucing

Hal ini yang mau tidak mau dilakukan secara rutin. Anda harus rajin membersihkan gigi, telinga, dan kuku kucing peliharaan karena dia tidak akan bisa melakukannya sendiri. Bagian-bagian tubuh ini yang banyak dihuni oleh kuman dan bakteri. Jika dibiarkan kotor, bukan tidak mungkin kucing kamu akan infeksi.

Sebaiknya juga bawa ke dokter hewan secara rutin untuk diberikan vaksin. Biasanya dokter hewan akan berikan obat cacing secara berkala. Jadi, kotoran kucing yang ada tidak menyebarkan kuman dan penyakit.

BACA JUGA: Cek FOOD REVIEW, Food Review Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA